Tiga Jenis Pengaduan Mendominasi Aplikasi Super

oleh -
Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik dan Statistik pada Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Tiga jenis layanan publik mendominasi pengaduan melalui Aplikasi Super (Sukabumi Participatory Responden) yang dikelola oleh Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi. Pengaduan dimaksud menyangkut infrastruktur, PJU (Penerangan Jalan Umum), dan pelayanan air bersih oleh Perumda Air Minum.

banner 970x90

Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik dan Statistik pada Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani menjelaskan, setiap hari selalu ada pengaduan dari masyarakat yang masuk ke Aplikasi Super terkait tiga hal tersebut. Untuk infrastruktur, sebagian besar menyangkut jalan.

“Pengaduan dan saran masyarakat melalui Super diteruskan kepada perangkat daerah dan BUMD terkait. Biasanya masukan dari masyarakat langsung ditindaklanjuti oleh instansi yang bersangkutan,” kata Tantan kepada wartawan, Selasa (25/8/2020).

Perangkat daerah yang tidak merespon aduan atau saran dari masyarakat, ujar dia, akan mendapat raport merah dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda Kota Sukabumi.

Sejauh ini untuk pengaduan kerusakan jalan mendapat respon langsung dari Bidang Bina Marga pada Dinas Perhubungan (Dishub). Namun untuk laporan seputar PJU, Dishub hanya bisa mengatasi kendala teknis, sedangkan untuk kerusakan lampu dan komponen lainnya belum bisa ditangani karena terbentur biaya. 

Selama periode bulan Januari hingga bulan Juli 2020, jumlah pengaduan dan saran yang masuk mencapai 220 item. Di tengah pandemi, banyak pengaduan dari masyarakat terkait dampak dari penyebaran Virus Corona.

“Kebanyakan aduannya terkait bantuan sosial dan kartu kerja untuk masyarakat yang terdampak Covid-19,” kata Tantan. (*)

Print Friendly, PDF & Email