Sekdis Nakertrans Membuka Pembekalan Usahawan Baru Bidang Menjahit

oleh -
Duduk dari kanan ke kiri Ali Muhrom (peserta), Kusyairin (Kabid Penempatan Kerja), staf kantor kecamatan, Lina Evelin Marlina (Sekdis), Aba Mujtaba (Kades Cimahi), dan Dadang Tapiana (Kasi Perluasan Tenaga Kerja). Berdiri paling kanan adalah peserta yang mewakili generasi milenial dengan gaya rambutnya yang khas dekade kedua abad XXI.

Wartawan Usep Mulyana

Sekdis Nakertrans (Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kabupaten Sukabumi, Lina Evelin Marlina membuka kegiatan pembekalan wirausahawan baru bagi TKM (tenaga kerja mandiri) Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kamis (25/7/2019). Pada kegiatan itu, Evelin juga secara simbolis menyerahkan bantuan berupa mesin jahit kepada para peserta.

banner 970x90

“Kegiatan ini hendaknya menjadi pintu masuk dalam membentuk dan  menciptakan usahawan baru yang handal. Peserta pelatihan ini diharapkan menjadi embrio bagi keberlangsungan usaha jahit-menjahit di masa mendatang,” kata Evelin dalam arahannya.

Pembukaan kegiatan pembekalan dilaksanakan di MDTA Al-Hidayah, Cimenteng, Desa Cimahi. Jangan sampai, lanjut dia, pembekalan hanya dijadikan acara seremonial belaka. Pembekalan tersebut  harus menjadi tonggak baru dalam pengembangan usaha yang menerapkan sistem manajemen yang baik dan akuntabel.  

Para peserta yang berjumlah 20 orang,  kata Evelin, diharapkan mampu berkompetisi di tengah ketatnya persaingan usaha. Untuk itu mereka dibekali pengetahuan tentang cara memperluas jaringan usaha.

“Saat ini dunia usaha memerlukan kecepatan dan ketepatan dalam mengeksekusi suatu pekerjaan. Lambat sedikit, kita akan dilibas kompetitor kita. Peserta pembekalan ini harus bisa bergerak cepat dengan gesit,” ujarnya.

Pembekalan wirausahawan di Desa Cimahi itu menarik perhatian salah seorang anggota Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning. Politisi PDI Perjuangan ini mengutus stafnya, Anggi Purwanto ke lokasi pembekalan wirausaha.

“Ibu berpesan agar kegiatan ini mampu mendongkrak  kemandirian ekonomi warga yang nantinya bermuara pada peningkatan daya beli masyarakat serta kemandirian dalam menjalankan usaha,” tutur Anggi. (*)

Print Friendly, PDF & Email