Mata Air Pasirdoton Tingkatkan Kinerja Perumda TJM

oleh -
IYUS SUGIARTO

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Kehadiran mata air Cipanas yang terletak di Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi dapat meningkatkan kinerja Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi. Mata air tersebut dapat menusplai air bersih ke dua wilayah kecamatan di kawasan utara yaitu Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Cicurug.

banner 970x90

“Dengan bertambahnya volume air yang dialirkan dari mata air di Cipanas Pasirdoton, meningkat pula kinerja perusahaan dilihat dari kapasitas air bersih ke rumah-rumah pelanggan,” kata Direktur Teknik (Dirtek) Perumda AM TJM, Iyus Sugiarto ketika ditemui di kantornya, Jalan Cireundeu, Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/7/2019).

Mata air Cipanas dibangun pada tahun 2018 dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Sarana air bersih yang suplai airnya berasal dari kaki Gunung Salak itu diproyeksikan untuk melayani wilayah Cidahu dan Cicurug. Aliran air dari Cipanas bisa mengalir ke dua kecamatan tersebut mengikuti hukum mekanika fluida karena letaknya lebih tinggi.

“Setelah prasarananya dibangun, tahun ini kami mulai memasuki tahap pengaliran ke rumah-rumah pelanggan. Kegiatannya masih dalam progres dimulai dari wilayah Kecamatan Cidahu,” ujar Iyus.

Untuk wilayah Cicurug, lanjut dia, pengaliran air dari Pasirdoton itu masih uji coba. Iyus memprediksi, aliran air ke dua kecamatan tersebut sudah berjalan dengan kapasitas penuh. Dia mengharapkan para pelanggan air minum di dua kecamatan tersebut dapat menikmati pelayanan yang lebih meningkat.

Mengacu pada desain bangunan dan volume air di Cipanas, debit air yang dapat dialirkan ke dua Cidahu dan Cicurug itu mencapai 40 liter perdetik. Iyus yakin, debit air bersih sebanyak itu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan air bersih di dua wilayah kecamatan tersebut.

“Kami mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan program sistem penyediaan air minum melalui DAK. Bantuan tersebut dapat mewujudkan harapan warga Cidahu dan Cicurug yang sangat membutuhkan pasokan air bersih,” kata Iyus. (*)

Print Friendly, PDF & Email