Pembatasan Operasional Toko Membuat Pelanggan Tidak Tenang

oleh -
Agus dengan tekun mengerjakan pesanan pelanggannya untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dan memuaskan customer.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pembatasan operasional toko berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Sukabumi membuat para pedagang dan penyedia jasa serta pelanggannya tidak tenang. Mereka harus terburu-buru menutup transaksi untuk diteruskan keesokan harinya ketika berada di toko menjelang batas waktu operasional.

banner 970x90

Pemkot Sukabumi telah menetapkan jam operasional toko di luar penjual bahan pokok penting (bapokting) dibatasi dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB selama pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Menjelang pukul 16.00 WIB, para pemilik toko sudah gelisah karena harus cepat-cepat menyelesaikan semua transaksi dengan pembeli atau pengguna jasa.

“Menjelang pukul empat sore, kami harus siap-siap tutup, para pelanggan harus meninggalkan toko. Kami jadi tidak tenang seperti dikejar-kejar waktu,” kata Agus Salman Farisi (40) pemilik Toko AS Bordir di lantai II Citimall, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi ketika ditemui wartawan, Kamis (25/6/2020).

Kalau ada pengunjung yang datang mendekati tutup toko, Agus hanya bisa mencatat pesanan mereka, sementara pekerjaan dibawa ke rumah. Besok paginya pelanggan bisa mengambil pesanannya ke toko. Selama mencatat pesanan, Agus selalu dihantui perasaan waswas dan tidak tenang karena khawatir didatangi petugas pemda.

“Dulu sebelum ada Covid-19, saya bisa  jualan dan melayani pelanggan sampai dengan pukul 9 malam. Selisih lima jam sangat berarti bagi kami,” ujar Agus.

Agus dan para pedagang di luar bapokting hanya bisa pasrah dengan aturan tersebut. Agus berpandangan, rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Dia hanya bisa terus berjuang untuk dapat menafkahi keluarganya. Harapan dia, wabah Covid-19 segera berlalu.

Di tokonya Agus melayani pesanan berbagai jenis bordir dengan model tulisan dan gambar sesuai keinginan pemesan. Bordir hasil kreasi Agus ditempelkan pada kaos, kemeja, handuk, atau media promosi. Agus juga menyediakan topi berbordir dengan harga antara Rp50 ribu sampai Rp100 ribu. (*)

Print Friendly, PDF & Email