PPDB Diarahkan untuk Wujudkan Sekolah yang Setara

oleh -
Agus Muharam

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di semua tingkat sekolah termasuk Sekolah Dasar (SD) diarahkan untuk melahirkan sekolah-sekolah yang setara dilihat dari kualitas, sarana pendukung, dan tenaga pengajar. Nantinya tidak dikenal istilah sekolah favorit atau sekolah biasa. 

“Tidak ada yang namanya sekolah ini favorit, yang itu tidak favorit. Kebijakan dari dinas semua sekolah harus menjadi favorit. Jika ada sekolah yang dianggap favorit, itu masyarakat yang menilai dan akhirnya sekolah itu seolah-olah menjadi sekolah favorit,” kata Kepala Bidang SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Agus Muharam kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Sejak tahun yang lalu, PPDB memberlakukan prinsip keadilan berdasarkan domisili calon peserta didik yaitu sistem zonasi. Dengan sistem ini, tidak ada lagi persaingan yang ketat berdasarkan kekuatan finansial dan prestasi calon siswa. Dari proses ini, dalam beberapa tahun ke depan akan terbentuk sekolah-sekolah yang setara untuk semua tingkatan.

“Seluruh SD di Kabupaten Sukabumi wajib memiliki standar kompetensi yang sama untuk melahirkan peserta didik yang berkualitas baik. Setiap SD harus berupaya untuk menciptakan lulusan-lulusan terbaik. Caranya dengan menerapkan manajemen sekolah yang baik untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Agus.

Meskipun sudah ada kebijakan untuk membuat semua sekolah setara, di lapangan masih ditemukan orang tua siswa dan anaknya yang membedakan sekolah favorit dan sekolah biasa.

Jadwal PPDB untuk SD dan SMP di Kabupaten Sukabumi dimulai 1 Juli sampai dengan 6 Juli 2019. Saat mendaftarkan anaknya, para orang tua wajib menunjukkan Kartu Keluarga, E-KTP, dan akta kelahiran calon siswa yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Sukabumi. Semua dokumen tersebut harus tercatat dalam dalam sistem data kependudukan sesuai dengan domisili. (*)

Print Friendly, PDF & Email