Juru Pelihara Irigasi Harapkan Jadi Juara Lomba Tingkat Provinsi

oleh -
Ujang Nusi, wakil Kabupaten Sukabumi pada lomba operasi dan pemeliharaan irigasi tingkat Jawa Barat tahun 2019.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Juru Operasi dan Pemeliharaan (OP) Irigasi, Ujang Nusi (52) yang sehari-hari bekerja di lingkungan UPTD Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Wilayah 2 mengharapkan dirinya menjadi juara pertama pada lomba OP irigasi tahun 2019 tingkat Jawa Barat. Ujang merupakan juru OP irigasi terbaik yang menjadi wakil Kabupaten Sukabumi pada lomba tersebut.

banner 970x90

“Mudah-mudahan dengan hasil penilaian kemarin di lapangan, saya dapat menjadi juara pertama dengan perolehan nilai tertinggi,” kata Ujang ditemui di kantornya UPTD PU Wilayah 2, Jalan Segog, Karangtengah, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (25/6/2019).

Wilayah kerja UPTD PU Wilayah 2 meliputi beberapa kecamatan di wilayah tersebut antara lain Cibadak, Cicantayan, dan Nagrak. Ujang sendiri sehari-hari bertugas untuk OP irigasi di wilayah Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak. Dengan menjadi juara I, Ujang dapat menjadi wakil Provinsi Jabar ke lomba OP irigasi tingkat nasional.

Pada lomba tingkat provinsi, Ujang telah mengikuti dua tahapan lomba yaitu pemaparan dan penilaian di lapangan. Dalam lomba tersebut dia harus bersaing ketat dengan para juru irigasi dari semua daerah yang ada di Jawa Barat.

Untuk tahap pertama, Ujang menyampaikan pemaparan terkait kegiatannya sebagai juru OP irigasi di Kabupaten Sukabumi. Tahapan ini digelar di aula Kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Barat di Bandung sekitar dua bulan yang lalu. Sukses, dia meraih nilai tertinggi di antara peserta dari seluruh Jabar dengan skor 90.

Tahap selanjutnya, Ujang mengikuti lomba di tempatnya bertugas, tepatnya di Irigasi Cikahuripan, desa Girijaya, Kecamatan Nagrak pada Rabu (19/6/20190 lalu. Pada tahapan ini, tim juri dari provinsi datang ke Irigasi Cikahuripan. Di lokasi lomba tampak hadir Asda 2 Dody Somantri dan Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar untuk memberikan support kepada Ujang.  

“Mudah-mudahan pada lomba tahap kedua, saya dapat meraih nilai tertinggi sehingga dapat menjadi juara pertama tingkat Jabar,” ungkapnua.

Dia minta doa dan dukungan dari semua kalangan, baik pemerintahan maupun masyarakat, khususnya rekan-rekannya  di Dinas PU Kabupaten Sukabumi, agar dirinya bisa mewakili Jawa Barat ke lomba tingkat nasional. (*)  

Print Friendly, PDF & Email