Desa Sukatani Ajukan Perbaikan Jalan ke Pantai Cicaladi

oleh -
Keindahan Pantai Cicaladi di Desa Sukatani, Kecamatan Surade sulit dicari bandingannya di kawasan pesisir selatan Kabupaten Sukabumi. Suasananya seperti pantai purba dengan burung-burung liar yang beterbangan di sekitarnya.

Wartawan Dicky Sopyan (SURADE)

Masyarakat dan Pemerintah Desa Sukatani sudah lama merindukan perbaikan akses jalan menuju kawasan wisata Pantai Cicaladi. Bagi desa yang berada di wilayah Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi itu, Pantai Cicaladi merupakan satu-satunya destinasi wisata yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat sekitar.

banner 720x90

“Pantai Cicaladi ramai didatangi wisatawan lokal Surade maupun luar Surade, bahkan banyak juga pengunjung dari luar daerah. Sayangnya jalan menuju Pantai Cicaladi rusak parah. Kami sudah berkali-kali mengajukan perbaikan jalan tersebut, namun belum mendapat respon dari pemda,” kata Kepala Desa Sukatani, H. Ijrop Pranoto kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Perbaikan jalan harus oleh pemda, tidak bisa dengan dana desa karena statusnya jalan kabupaten, ujar Ijrop. Bentangan jalan menuju Pantai Cicaladi panjangnya sekitar 8 kilometer mulai persimpangan di Leuwicagak melewati Cikondang sampai bibir pantai.

“Warga di desa kami sangat menanti-nantikan perbaikan jalan tersebut. Kalau kondisi jalannya bagus, Pantai Cicaladi akan menjadi salah satu destinasi andalan di Pajampangan yang dapat memberikan kontribusi pada upaya meningkatkan kesejahteraan warga,” tutur kades.

Wilayah Desa Sukatani berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia di sebelah selatan. Batas-batas lainnya di sebelah barat Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade; di sebelah utara Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade; dan sebelah timur Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung.

Kepala Desa Sukatani, H. Ijrop Pranoto (kanan) didampingi Sekretaris Desa, Hasanudin.

Sekretaris Desa Sukatani, Hasanudin membenarkan pernyataan Kades Ijrop. Selama ini, ujar Hasanudin, pengembangan kawasan Pantai Cicaladi terhambat oleh rendahnya mutu infrastruktur perhubungan menuju objek wisata tersebut. Dia yakin, kalau jalannya diperbaiki, Pantai Cicaladi akan berkembang pesat.

banner 720x90

Desa Sukatani memiliki wilayah yang luasnya 1.754,5 hektare dengan penduduk mencapai 3.585 jiwa yang terdiri dari  laki-laki 1.831  jiwa dan perempuan 1.754 jiwa  dengan jumlah kepala keluarga (KK) 1.028. Penduduknya menyebar di tiga kedusunan di 4 RW dan 23 RT. (*) 

Print Friendly, PDF & Email