Sampah Melonjak, Petugas Bekerja Hingga Dini Hari

oleh -
Tumpukan sampah melonjak hingga 150 persen selama hari terakhir bulan Ramadhan sampai hari pertama Idul Fitri.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Lonjakan sampah pada malam takbiran dan saat libur Lebaran naik hingga 50 persen dari jumlah normal di semua TPSS (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) di wilayah Kota Sukabumi. Kondisi tersebut mengharuskan para petugas penarik sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi harus kerja ektra hingga pukul 02.00 WIB.

banner 970x90

Mereka berjibaku sejak pagi, siang, sore, tembus malam, hingga lewat tengah malam untuk membersihkan TPSS dari tumpukan sampah. Ketika warga yang lain bersiap untuk menikmati opor ayam dan ketupat, para petugas kebersihan masih berkotor-kotoran dengan tumpukan sampah.

Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan pada DLH Kota Sukabumi, Neng Rahmi kepada wartawan melalui pesan singkat WhatsApp, Senin (25/5/2020), mengatakan, selepas hari terakhir bulan Ramadhan 1441 Hijriyah terjadi peningkatan volume sampah hingga menjadi 1,5 kali dari volume normal.

“Di TPSS perumahan, sampah membludak hingga ke jalan. Kalau tidak segera ditangani dapat mengganggu keindahan dan kebersihan lingkungan,” kata Rahmi.

Penumpukan sampah juga terjadi setelah jadwal pengambilan sampah dari TPSS. Seharusnya warga mentaati jadwal pembuangan sampah ke TPSS yakni mendekati waktu pengambilan sampah oleh petugas kebersihan. Akibat masih ada warga yang tidak mentaati jadwal, ujar Rahmi, sampah menumpuk dan berserakan di TPSS dalam waktu yang cukup lama.

“Selama Lebaran ini, kami mengerahkan petugas terus-menerus untuk mengambil sampah selang satu jam. Namun dalam waktu singkat TPSS sudah penuh kembali. Jadwal pembuangan sampah yang sudah diatur dalam Perda tidak dihiraukan oleh sebagian masyarakat. Mereka seenaknya membuang sampah ke TPSS sehingga membuat tempat penampungan sampah itu selalu penuh,” tuturnya.

Untunglah, kata Rahmi, ketidakdisiplinan masyarakat terhadap jam buang sampah ke TPSS tidak membuat patah semangat jajarannya. Para petugas kebersihan tetap menjalankan tugas dengan penuh semangat pengabdian.

“Selama libur Lebaran, kami telah mengatur waktu piket bagi para petugas di lapangan agar mereka bisa menikmati liburan Idul Fitri secara bergilir. Kami sudah atur waktu piket para petugas penarik sampah di lapangan selama libur Lebaran ini,” jelasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email