Puluhan Ormas dan OKP Gelar Deklarasi Damai Pasca Pemilu 2019

oleh -
Para pengurus ormas dan OKP se-Wilayah Palabuhanratu yang menggelar deklarasi damai pasca Pemilu 2019.

Wartawan M. Ridwan

Puluhan ormas dan OKP se-Wilayah Palabuhanratu menggelar deklarasi damai pasca Pemilu 2019 bertempat di Hotel Mahkota Palabuhanratu, Jumat (24/5/2019) malam. Para peserta deklarasi itu berasal dari 35 ormas dan OKP dari empat kecamatan yaitu Palabuhanratu, Cisolok, Cikakak, dan Simpenan.

Deklarasi dipimpin oleh Ketua DPC HNSI (Himpunan Nelayana Seluruh Indonesia) Kabupaten Sukabumi, H. Dede Ola. Dalam deklarasi itu, para pengurus ormas dan OKP bertekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan nasional dalam rangka mempertahankan NKRI.   

“Kita boleh berbeda pilihan dalam Pemilu karena itu bagian dari demokrasi. Tapi hal yang paling penting dan lebih utama dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, kita bersatu kembali sesuai Bhinneka Tungal Ika dan di bawah panji bendera Merah Putih,” kata Dede saat menyampaikan sambutan.

Deklarasi damai, ujar Dede, bertujuan untuk memberikan kesejukan, menjaga kondusivitas, dan mempertahankan ketertiban di tengah masyarakat. Ormas dan OKP, kata dia, berkewajiban untuk menjaga dan meningkatkan persatuan di masyarakat.

“Kita harus dapat menularkan makna dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa kepada masyarakat, terlebih di tengah suasana akhir-akhir ini dengan adanya oknum yang memperkeruh suasana,” kata dia.

Begitu juga, lanjut Dede, OKP dan ormas yang ada di Palabuhanratu harus ikut bahu-membahu dalam menjaga perdamaian. Sebaiknya mereka segera melupakan perbedaan yang terjadi selama Pemilu 2019 lalu. (*)

Print Friendly, PDF & Email