Program Si Jempol Diserbu Pengunjung Buka Bersama On The Street

oleh -
Penyerahan dokumen kependudukan oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat (kiri) disaksikan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan (tengah) pada acara Buka Bersama On The Street di halaman Masjid Agung Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Program Si Jempol (Siap Jemput Bola Pelayanan) dari Disdukcapil Kota Sukabumi menjadi pusat perhatian pengunjung acara Bubos (Buka Bersama On The Street) yang digelar oleh Pemprov Jawa Barat di halaman Masjid Agung Kota Sukabumi, Sabtu (25/5/2019). Ratusan warga berkerumun di stand khusus Si Jempol untuk mendapatkan layanan kependudukan dan  catatan sipil.

banner 970x90

Bubos digelar secara serentak di 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat. Di tempat kegiatan juga tampak stand dan berbagai perangkat daerah dan instansi seperti Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi, dan BPJS. 

Pada kegiatan itu, hanya dalam hitungan jam, Disdukcapil berhasil melayani sekitar 350 warga yang membutuhkan berbagai dokumen seperti KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Penyerahan dokumen kependudukan dan catatan sipil dilakukan oleh Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi yang juga Asda 2 Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan; Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada; Kabag Humas dan Protokol, Punjul Saepul Hayat; dan para pejabat lainnya. 

“Kami hadir untuk melayani masyarakat sambil ngabuburit. Antusias warga sangat tinggi.  Sebelumnya kami menggelar Si Jempol Ngabuburit di Selamat Toserba,” kata Iskandar ketika ditemui di sekitar stand Disdukcapil di area Bubos.

Menurut dia, di bulan Ramadhan ini, Si Jempol menjadi pusat perhatian masyarakat. Sambil ngabuburit, masyarakat mendapatkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil. Disdukcapil, lanjut dia, mendapatkan undangan dari pengelola Toserba Tiara untuk  untuk membuka layanan Si Jempol ngabuburit.

Tingginya respon masyarakat terhadap program Si Jempol ngabuburit, kata Iskandar, membuat jajaran Disdukcapil makin bersemangat dalam memberikan pelayanan walaupun harus bekerja di luar jam kantor. Mereka siap untuk bekerja keras dan bekerja ikhlas dalam mengisi bulan suci untuk meraih  ridho dari Allah SWT.

Pada bagian lain, Iskandar menjelaskan, selama liburan panjang Idul Fitri 1440 Hijriyah, Disdukcapil akan membuka posko pelayanan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat yang sifatnya urgen. Untuk pembukaan posko tersebut, Disdukcapil akan berkonsultasi dengan kecamatan.

 “Kami usahakan di tiap kecamatan ada posko pelayanan yang beroperasi saat libur panjang nanti,” ujarnya. (*) 

Print Friendly, PDF & Email