Bupati Sebut Guru RA Sebagai Tonggak Masa Depan Sukabumi

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamai menyerahkan bantuan secara simbolis untuk para guru RA kepada Ketua IGRA Kabupaten Sukabumi, Nia Nurhasanah.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyebutkan, guru lembaga pendidikan Raudhatul Athfal (RA) merupakan salah satu tonggak penentu masa depan untuk menuju Kabupaten Sukabumi lebih baik, religius, dan mandiri. Para guru RA mengambil bagian penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari segi pembentukan generasi agamis.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan saat meresmikan acara Ramadhan Bersama Al-Quran dengan Ikatan Guru RA (IGRA) di Masjid Raudhatul Irpan, Jalan Jalur Cibolang, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/19) siang.

“Karena perannya itu,  diperlukan guru RA yang benar-benar profesional dan berorientasi ke masa depan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru RA juga harus mampu menghadapi tantangan globalisasi,” kata bupati.

Terkait eksistensi IGRA, ujar Marwan, perannya sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru RA untuk mendidik dan menghasilkan generasi bangsa yang tangguh dan agamis. Hendaknya IGRA mendorong para guru RA tetap bersatu padu dan bahu-membahu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sukabumi.

“Saat ini Raudhatul Athfal telah menjadi salah satu pilihan dalam pendidikan pra-SD sesuai dengan kondisi masyarakat Sukabumi yang agamis,” tutur bupati.

Pada kesempatan itu bupati menyerahkan uang kadeudeuh sebesar Rp175 juta untuk 547 guru RA yang mengabdi di Kabupaten Sukabumi yang diterima secara simbolis oleh 9 guru RA. Marwan juga menyerahkan santunan kepada 10 anak yatim.

“Tugas ibu dan bapak ini sangat mulia sekali. Bantuan yang kami serahkan tidak ada apa-apanya dibandingkan tugas dan peran ibu dan bapak semua dalam mencerdaskan anak-anak didik di usia dini,” kata dia.

Kegiatan yang mengambil tema ‘membumikan Al-Quran di hati dan setiap gerak langkah kita’ itu dihadiri para pejabat dan tokoh pendidikan antara lain Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, H. Abas Resmana; Asda 1 Ade Irawan; Camat Cicantayan, Sendi Apriliadi, Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Marwan, dan Ketua IGRA Kabupaten Sukabumi, Nia Nurhasanah.

Dalam sambutannya, Nia menjelaskan, kegiatan yang digelarnya itu merupakan yang kedua kali. Pesertanya adalah para guru RA se-Kabupaten Sukabumi. Ramadhan Bersama Al-Quran digelar untuk mendukung visi misi Kabupaten Sukabumi menuju Sukabumi yang lebih baik, religius, dan mandiri.

“Religius di sini artinya kami ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan kepada Al-Quran. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi dan Baznas Kabupaten Sukabumi yang telah memberikan bantuan kepada kami. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi kami semua,” tutur dia.

Mata acara pada kegiatan tersebut antara lain hifdzil Quran, kajian Al-Quran, dan tahsin atau perbaikan cara membaca Al-Quran sesuai ilmu tajwid. (*)

Print Friendly, PDF & Email