Koperasi Harus Menjadi Motor Penggerak Ekonomi

oleh -
Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami ketika membuka Rakerda Dekopinda Kota Sukabumi menyampaikan harapan koperasi dapat bersinergi dengan pelaku usaha lainnya.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami menegaskan, koperasi harus menjadi motor penggerak ekonomi rakyat. Koperasi, kata Andri, mesti dibangun agar terus tumbuh dan berkembang sebagai soko guru ekonomi masyarakat di berbagai bidang kegiatan ekonomi.

Pernyataan wakil wali kota itu disampaikan saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Sukabumi tahun 2019 di Hotel  Horison Sukabumi, Kamis (25/4/2019). Andri mengharapkan Rakerda Dekopindo dapat membangun dan menggerakkan koperasi sehingga bisa memenuhi fungsi dan perannya.  

“Dengan terselenggaranya Rakerda Dekopinda ini, semangat membangun kehidupan berkoperasi di berbagai bidang kegiatan ekonomi semakin meningkat. Manfaatnya dapat dirasakan secara langsung, baik oleh pelaku gerakan koperasi sendiri maupun pemerintah dan masyarakat,” ujar wakil wali kota.

Rakerda Dekopinda Kota Sukabumi mengusung tema ‘Dengan Rakerda kita tingkatkan koperasi yang berkualitas, produktif, inovatif, dan berdaya saing’. Hendaknya, ujar dia, Dekopinda Kota Sukabumi dapat meningkatkan komitmen, apresiasi, dan kesadaran masyarakat dalam berkoperasi.

Andri juga mengharapkan terjadinya peningkatan fasilitas usaha anggota melalui pengembangan kerja sama antar koperasi dan antara koperas dengan badan usaha lainnya. Dekopinda harus mendorong koperasi agar bisa menjalin  kerja sama, bersinergi, dan terintegrasi dengan gerakan koperasi dalam rangka mewujudkan keunggulan daya saing. (*)

Print Friendly, PDF & Email