Bermitra dengan Peternak Lokal, Royal Omega Makin Berkibar

oleh -
Direktur II PT. Royal Omega Farm, Tri Syuhada (kedua dari kanan, berkaus putih) bersama tiga karyawannya.

Wartawan Joko Samudro

Kehadiran peternakan ayam PT. Royal Omega Farm (ROF) selalu memberikan manfaat bagi warga yang tinggal di sekitar perusahaan. Peternakan yang beralamat di Kampung Gozali RT 04 RW 06, Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi ini juga bermitra dengan peternak lokal untuk membangun jalinan simbiosis mutualisme.

banner 970x90

“Sudah tiga tahun kami menjalankan peternakan ayam di desa ini. Kehadiran perusahaan yang kami kelola selalu berupaya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar,” kata Direktur II PT. ROF, Tri Syuhada kepada wartawan, Senin (25/3/2019).

Tri mengelola perusahaan bersama para kolega dan rekan-rekannya seperti Direktur I, Mohammad Ali Akbar yang berkedudukan di Jakarta. PT. ROF berkosentrasi pada pemotongan ayam, sedangkan pengadaan ayamnya dikerjasamakan dengan para peternak lokal. Sampai saat ini, perusahaan tersebut telah memiliki lima mitra peternak lokal.

“Untuk pengadaan ayamnya, kami percayakan kepada peternak lokal di sekitar perusahaan milik kami,” ujar Tri.

Dalam kerja sama dengan para peternak lokal, ujar peternak kelahiran Sumatera Utara tersebut, PT. ROF membelikan DOC dan pakan yang dihitung sebagai pinjaman. Setelah panen, ROF menerima ayam dari peternak lokal dengan harga yang sudah disepakati dan tidak merugikan salah satu pihak.

“Tujuan kerja sama ini untuk memberikan kemudahan kepada para peternak  kecil. Biasanya peternak mandiri yang kecil itu tidak bisa masuk ke pabrik. Kalaupun bisa menjual ayam ke pabrik, mereka menerima harga yang miring.  Hasil penjualan yang mereka terima tidak menguntungkan, bahkan untuk menutup biaya operasional pun tidak bisa,” tutur Tri.

Kelebihan lainnya PT. ROF adalah tidak menggunakan vaksin antibiotik dan meminimalkan penggunaan bahan kimia dalam pemeliharaan ayam. Jadi bisa dikatakan, ayam produk PT. ROF atau mitranya termasuk ayam probiotik yang sekelas dengan ayam organik.  

“Ayam dari peternakan kami sangat bagus untuk dikonsumsi. Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan, ayam produksi kami telah memenuhi persyaratan kesehatan dan aman untuk dikonsumsi,” jelas Tri.

Kiprah dan eksistensi PT. ROF diakui salah satu warga yang tinggal di sekitar peternakan. Sejak kehadirannya di Desa Bojonglongok, ujar warga itu, perusahaan tersebut memberikan mafaat yang besar kepada masyarakat.

Dalam rekrutmen pegawai, PT. ROF selalu mengutamakan warga sekitar, tuturnya. Dia mengharapkan PT.ROF semakin maju dan besar agar dapat lebih banyak menampung warga sekitar sebagai pegawai. (*)

Print Friendly, PDF & Email