TP PKK Ciheulangtonggoh Rutinkan Senam Kebugaran

oleh -
Kegiatan rutin senam bersama di halaman Balai Desa Ciheulangtonggoh mendukung kebugaran dan kesehatan warga serta menjadi ajang silaturahmi.

Wartawan Nanang Setiana

Pengurus dan kader TP PKK Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadikan senam kebugaran sebagai kegiatan rutin tiap Minggu pagi. Dalam kegiatan ini, TP PKK Desa Ciheulangtonggoh melibatkan berbagai elemen masyarakat termasuk ibu-ibu para remaja dari kelompok generasi muda.

“Senam kebugaran bersama ini rutin dilaksanakan setiap minggu dengan melibatkan seluruh kader PKK, ibu-ibu lansia, dan sejumlah elemen masyarakat di desa kami,” kata Ketua TP PKK Desa Ciheulangtonggoh, Kurnianingsih, S.Pd. ketika ditemui di sela-sela senam kebugaran, Minggu (24/11/2019) pagi.

Lokasi kegiatan senam kebugaran tersebut ditetapkan di halaman Balai Desa Ciheulangtonggoh. Setiap Minggu, sebelum matahari beranjak ke langit, puluhan warga telah memenuhi tempat senam untuk mengikuti gerakan-gerakan senam yang dibawakan oleh pemandu. Selain peserta dari Ciheulangtonggoh, pesenam lain yang bergabung berasal dari desa-desa lain.

“Kami menilai, kegiatan ini cukup efektif memotivasi warga dalam menjaga kebugaran tubuh. Peserta senam juga didorong untuk selalu memelihara kesehatan tubuh dan kesehatan lingkungan agar jauh dari penyakit,” tutur Kurnianingsih.

Agenda Minggu ini, setelah senam kebugaran bersama, ibu-ibu TP PKK Desa Ciheulangtonggoh mengikuti demo membuat kue.  

Setelah senam, lanjut dia, biasanya ibu-ibu dan kader TP PKK menyelenggarakan kegiatan lanjutan untuk mengiusi hari libur. Minggu ini, kegiatan setelah senam diisi dengan praktik dan demo membuat kue dengan instruktur salah satu warga yang memiliki keahlain membuat kue bernama Eha.

“Biasanya para peserta senam tidak langsung pulang. Hari ini mereka tertarik mengikuti kegiatan setelah senam, hari ini demo membuat kue,” kata dia.

Selain menjaga kebugaran dan kesehatan, ujar Kurnianingsih, senam bersama juga dapat menjaga soliditas dan kekompakan antara warga dengan warga dan warga aparat pemerintah desa.

“Pada kegiatan ini, kami dapat menjaga dan meningkatkan silaturahmi,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email