Menkop: Industri Cibatu Harus Menjadi Usaha Menengah

oleh -
Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki memuji kualitas cangkul bikinan pelaku industri logam Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki mengajukan wacana untuk menjadikan  kompleks industri logam di Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi sebagai pilot project pengembangan usaha mikro dan kecil menjadi usaha menengah. Untuk itu, kementerian yang dipimpinnya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Perindustrian RI.

Rencana menteri asal Garut itu disampaikan ketika berkunjung ke kompleks industri logam di Cibatu, Sabtu (23/11/2019) siang. Pada kesempatan itu, Menteri Teten meninjau pabrik CV Rhodas, produsen cangkul, SKN Medical Karixa, PT Barkah Jaya, dan Kopinkra Karya Pusaka.

“Sebenarnya kalau kita lihat, ternyata cangkul yang dibuat oleh pengrajin logam dari Desa Cibatu kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan cangkul yang berasal dari China,” kata menteri di sela kunjungannya ke Cibatu.

Terkait dengan eksistensi industri logam Cibatu, tugas Kementerian Koperasi dan UKM adalah melindungi produk-produknya. Di Kabupaten Sukabumi, kata dia, banyak pengrajin logam yang membuat alat pertanian yang eksis dan dapat dikembangkan menjadi usaha skala menengah.

“Kami akan mebuka klinik layanan konsultasi untuk membantu menyelesaikan keluhan para pengrajin dan UMKM serta pusat layanan pengembangan usaha termasuk nanti membantu pembuatan SNI. Hal ini lebih lanjut akan dikoordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait,” tutur dia. 

Teten juga mengimbau pelaku usaha untuk masuk ke market digital supaya pangsa pasarnya makin luas sehingga bisa melakukan ekspor secara online. 

Sementara itu Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami yang mendampingi Menkop UKM mengatakan, kunjungan menteri dalam rangka pelaksanaan konsep pemberdayaan industri kecil lewat koperasi dan program padat karya. Bupati akan mem-follow-up kunjungan tersebut dengan memberikan akses kepada para pelaku usaha di sektor industri dan pertanian kepada kalangan perbankan.

Pada acara itu tampak hadir Assda 2, Kadis DPKUKM, Kadis Kominfosan, Kadis Pertanian, serta Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo dan Dandim 0607 Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo. (*)

Print Friendly, PDF & Email