Warga Cijengkol Sumringah Terima Sertifikat dari Program PTSL

oleh -
Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah (kanan) menyerahkan sertifikat kepada warga penerima manfaat program PTSL disaksikan tim dari BPN.

Wartawan Nanang Setiana

Ratusan warga Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi tampak sumringah dengan wajah berseri-seri ketika menerima sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019. Di desa yang dikenal sebagai desa digital itu, jumlah warga yang terdaftar sebagai penerima manfaat PTSL 2019 mencapai 150 orang.

“Kehadiran program ini sangat membantu kami selaku pemerintah desa dan warga kami karena memberikan berbagai kemudahan dan kepastian dalam proses pembuatan sertifikat tanah,” kata Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Secara pribadi dan jabatan, Haer merespon dan menyambut program tersebut. Meskipun banyak tahapan yang harus ditempuh mulai sosialisasi, pematokan, pengukuran, dan verifikasi data, dia menjalaninya dengan perasaan senang. Karena dari program tersebut, rakyatlah yang dapat menikmatinya secara langsung.

“Setelah semua tahapan selesai, barulah dilakukan pendataan yuridis. Dalam proses pengambilan sertifikat, pemilik tanah tidak dipungut biaya sepeser pun. Jadi tidak ada pungutan ataupun biaya penebusan untuk sertifikat. Program ini benar-benar gratis,” ujar Haer.

Setelah semua prosedur ditempuh, lanjut dia, Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengumumkan penetapan sertifikat milik masyarakat. Haer pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama Kantor BPN Kabupaten Sukabumi yang berperan besar dalam peluncuran program PTSL di Desa Cijengkol.

“Hari ini sertifikat dari PTSL tahun 2019 dibagikan. Kami harapkan ke depannya program ini bisa diperluas lagi kepesertaannya karena masih banyak masyarakat yang belum memiliki sertifikat kepimilikan tanah,” tutur kades.

Warga Desa Cijengkol yang terdaftar sebagai penerima manfaat program PTSL.

Salah satu warga penerima manfaat program PTSL, Suryati mengungkapkan, dirinya sangat puas bisa mendapatkan sertifikat tanah miliknya seluas 302 meterpersegi. Lokasi tanahnya terletak di Kampung Tugu RT 02 RW 01 Desa Cijengkol.

“Alhamdulillah, saya sangat senang dan puas bisa mendapatkan sertifikat ini. Semoga masyarakat yang lain bisa menerima sertifikat tanah miliknya, terutama warga yang kurang mampu,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email