Sudah Lapuk, Ruang Kelas SDN Kiarajangkung Ambruk

oleh -
Reruntuhan salah satu ruang kelas yang ambruk tanpa sebab di SDN Kiarajangkung, Kecamatan Jampangkulon.

Wartawan Dicky Sopyan

Tanpa hujan, tiada angin dan petir, tiba-tiba saja salah satu ruang kelas di SDN Kiarajangkung, Desa Cikarang, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi ambruk tanpa sebab. Untungnya, ketika kelas itu rubuh, ruangan dalam keadaan kosong karena tidak dipergunakan lagi sebagai tempat kegiatan belajar mengajar mengingat kondisinya yang sudah keropos dan lapuk.

“Ruang kelas itu tiba-tiba saja ambruk tanpa tanda-tanda dan penyebab langsung. Kondisi cuaca sedang bagus dan tenang. Tidak ada hujan maupun angin kencang, langsung runtuh. Kebetulan ruang kelas itu sedang tidak digunakan kegiatan belajar mengajar,” kata guru kelas VI SDN Kiarajangkung, Asep Budiman kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Kejadiannya pada Rabu (23/10/2019) sekira pukul 11.30 WIB. Suara tembok dan kayu yanr runtuh mengagetkan para guru dan warga sekitar. Ketika musibah itu terjadi, Kepala SDN Kiarajangkung, Syamsun tidak ada di tempat karena sedang bertugas mengikuti Porpemda di Palabuharatu. Bangunan yang ambruk berukuran 8 x 8 meterpersegi.   

Satu hari setelah kejadian, para guru dan warga setempat langsung membersihkan puing-puing dari reruntuhan. Lokasi rubuhnya bangunan dibebaskan dari material bangunan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terhadap para siswa.

Untuk memperbaiki bangunan yang runtuh itu dibutuhkan dana lebih daripada Rp125 juta. Asep mengharapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi secepatnya  dapat mengucurkan bantuan untuk membangun kembali ruang kelas yang rubuh tersebut.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Desa  Cikarang, Dudu Rusdiawan yang biasa dipanggil Kekes mengatakan, setelah menerima laporan musibah yang menimpa SDN Kiarajangkung, dia langsung mendatangi tempat kejadian. Langkah pertama yang dilakukannya adalah melakukan koordinasi untuk membersihkan puing-puing dari lokasi musibah.

“Kami memohon Dinas Pendidikan untuk melakukan peninjauan ke lokasi rubuhnya ruang kelas SDN Kiarajangkung agar dapat segera membangunnya  kembali,” ujar Kekes. (*)

Print Friendly, PDF & Email