Kadus IV Peundeuy Dapat Bantuan RTLH

oleh -
Kondisi rumah Kadus IV Peundeuy, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Linda sangat meperihatinkan. Karenanya dimasukkan sebagai penerima bantuan renovasi RTLH.

Wartawan Usep Mulyana

Kadus IV Peundeuy, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Linda terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi. Lepas dari posisinya sebagai bagian dari perangkat desa, Linda memang pantas mendapatkan bantuan karena kondisi rumahnya tidak layak huni.

Selain Linda, tiga warga lainnya yaitu Ocoh, Adang, dan Ata juga mendapat bantuan serupa. Jumlah penerima bantuan 4 orang dengan rincian warga  Kedusunan Ciseupan Girang sebanyak  2 orang, Kedusunan Ciseupan Hilir 1, dan Kedusunan Peundeuy 1 orang.

“Salah satu penerima bantuan renovasi RTLH adalah kepala dusun. Penentuan penerima bantuan telah melalui proses penelitian dan verifikasi yang sangat ketat ke lapangan oleh tim desa dan tim kecamatan,” kata Kepala Desa Seuseupan, Endang Odon Maulana ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (24/10/2019).

Proses penelitian dan verifikasi dijalankan secara serius dan sungguh-sungguh. Waktu menempuh proses tersebut, Kades Odon turun ke lapangan bersama Nisfu ketika masih menjabat Kasi Sosbud Kantoie Kecamatan Caringin.  

Sementara itu, selaku penerima bantuan, Linda menuturkan, penetapan calon penerima bantuan renovasi RTLH dari Dinsos diputuskan jauh sebelum dirinya menjadi kepala dusun. Waktu itu dia masih kader.

“Dengan adanya bantuan renovasi rumah, saya merasa dimanusiakan oleh pemerintah. Rumah saya sudah tidak aman untuk ditempati. Bagian atap dan kayu penyangganya banyak yang lapuk,” kata Linda.

Jika tidak segera diperbaiki, Linda khawatir, rumahnya rubuh di tengah musim hujan nanti.  Alhamdulillah, lanjutnya, saat ini keinginannya untuk memperbaiki rumah dapat terpenuhi.  

Uang bantuan dari Dinsos Kabupaten Sukabumi digunakannya untuk memperbaiki bagian-bagian yang sudah rusak parah. Perbaikan rumahnya sampai sekarang masih berlangsung. (*)

Print Friendly, PDF & Email