Kabupaten Sukabumi Kembangkan Aplikasi E-book

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba menulis tingkat SD dalam rangka gerakan literasi di Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Guna meningkatkan minat dan budaya literasi, Pemkab Sukabumi meluncurkan aplikasi E-Book atau perpustakaan digital bernama ‘Kami Baca’ yang merupakan akronim dari Kabupaten Sukabumi Membaca. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa memperoleh bahan bacaan berupa buku digital yang bisa diunduh dengan HP Android. 

banner 970x90

Peluncuran aplikasi E-book ‘Kami Bisa’ dilakukan oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada pembukaan Jambore Literasi di Kompleks Gelanggang Pemuda,  Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin (23/9/2019). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi.

“Kita sekarang telah memiliki perpustakaan digital. Kami harapkan masyarakat dapat meningkatkan budaya membaca dengan tersedianya berbagai jenis dan judul buku di perpustakaan digital ‘Kami Baca’,” kata bupati pada pidato pembukaan Jambore Literasi.

Dengan adanya perpustakaan digital tersebut, ujar Marwan, pemda dan masyarakat bisa lebih mudah dalam mewujudkan SDM yang unggul, berbudi pekerti luhur, berkarakter kuat, serta menguasai ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan untuk memajukan Sukabumi. 

Bupati menambahkan banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh Diarpus Kabupaten Sukabumi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 terkait dengan pengembangan perpustakaan digital, khususnya aspek sarana prasarana, layanan, koleksi, maupun sumber daya manusia. Para peserta jambore berasal dari kalangan pemda, pelajar, mahasiswa, dan penggiay literasi.

“Namun tentu saja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tidak bisa berjalan sendiri. Perangkat daerah ini membutuhkan dukungan dari semua elemen lainnya. Karena itu kerja sama unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media perlu dibangun untuk agar percepatan budaya literasi,” tutur Marwan.

Kegiatan jambore literasi tersebut mengusung tema ‘Melalui Literasi Informasi Berbasis IT Kita Tingkatkan Literasi Masyarakat dengan Semangat Baru Melanjutkan Karya Menuju Kabupaten Sukabumi yang Lebih Baik’.  

Kegiatan yang digelar pada jambore literasi tersebut antara lain lomba mewarnai tingkat PAUD, lomba menyusun puzzle tingkat SD, lomba permainan tradisional asli Kabupaten Sukabumi seperti enggrang dan bakiak, lomba menerbangkan pesawat dari kertas untuk siswa SMP, lomba foto selfie dari masyarakat umum, talk show tentang penyalahgunaan narkoba dari BNK, dan pameran literasi dasar. (*)

Print Friendly, PDF & Email