PT Indotama Taburkan Induk Lobster di Pantai Cikembang

oleh -
Perwakilan PT Indotama Putra Wahana bersama aparat desa dan jajaran Polres Sukabumi bersinergi pada kegiatan penaburan induk lobster di Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

PT Indotama Putra Wahana (PT Indotama) menaburkan puluhan induk lobster di Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin (24/8/2020). Kegiatan tersebut selain untuk melestarikan lobster juga untuk menunjang kesejahteraan nelayan karena jenis ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

banner 970x90

Bersamaan dengan penaburan induk lobster dilaksanakan penyuluhan terkait ilegal fishing yang disampaikan oleh Satuan Binmas Polres Sukabumi. Dalam penyuluhan itu masyarakat Desa Pasirbaru dan sekitarnya serta para nelayan diberi pembekalan seputar kamtibmas daerah perairan termasuk ancaman penyelundupan narkoba.

Perwakilan PT Indotama, Rendy Rakasiswi menjelaskan, perusahaan yang berdomisli di Jakarta itu  sudah melaksanakan penaburan induk lobster di berbagai provinsi seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

“Untuk wilayah Provinsi Jawa Barat sering dilakukan termasuk di kawasan Palabuhanratu,” kata Rendy.

Nantinya induk lobster yang ditebar dapat memberikan keuntungan kepada para nelayan setelah bertelur dan berkembang biak. Rendy mengharapkan para nelayan dengan dukungan pemerintah setempat dapat berperan dalam upaya melestarikan lobster.

“Dengan penaburan induk ini, mari bersama-sama kita lestarikan lobster agar manfaatnya dapat dinikmati oleh para nelayan secara berkelanjutan,” tutur Rendy.

Di lokasi penaburan induk lobster, Kepala Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Hidayah menyatakan, penaburan induk lobster dapat memberikan kesejahteraan kepada para nelayan dalam jangka waktu yang panjang. Karena itu, dia mendukung penuh penaburan lobster tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email