Bupati Sukabumi Resmikan Jembatan Muara Cipamarangan Surade

oleh -
Peresmian Jembatan Muara Cipamarangan ditandai dengan gunting pita oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Dicky Sopyan

Guna mengoptimalkan infrastruktur di wilayah Kecamatan Surade, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meresmikan penggunaan Jembatan  Muara Cipamarangan di Dusun Cibungur Kampung Mekarjaya, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Senin (24/8/2020).

banner 970x90

Jembatan yang diresmikan itu merupakan penghubung dua wilayah desa yakni Desa Buniwangi dan Desa Cipeundeuy di Kecamatan Surade. Peresmian jembatan dilakukan secara simbolis oleh bupati dengan prosesi gunting pita di ujung jembatan pada sisi Desa Buniwangi.

“Pembangunan Jembatan  Muara Cipamarangan merupakan solusi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada warga. Dengan adanya jembatan ini, transportasi menjadi lebih efektif dan efisien,” kata bupati dalam pidato peresmian Jembatan Muara Cipamarangan.

Selanjutnya bupati mengimbau masyarakat untuk ikut serta dalam memelihara jembatan yang diresmikan tersebut agar lebih awet dan memberikan manfaat yang lebih lama bagi masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan prinsip kebersamaan dalam membangun daerah. Dalam hal ini peran aktif dari seluruh komponen dan elemen masyarakat sangat dibutuhkan termasuk dalam memelihara sarana dan prasarana yang telah dibangun,” ujar bupati.

Harapannya kehadiran Jembatana Muara Cipamarangan, manfaatnya tidak dirasakan oleh warga di Desa Buniwangi dan Desa Cipeundeuy, tapi juga oleh warga yang ada di Kecamatan Surade dan desa-desa lain yang ada di wilayah Pajampangan.

Yang jelas, lanjutnya, jembatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Surade dan di Kabupaten Sukabumi. 

Pada peresmian jembatan bupati memberikan santunan berupa sembako kepada orang lanjut usia dan secara simbolis membagikan kartu BPJS kepada 420 nelayan.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Sapras) Kantor Kecamatan Surade, Rukman Taufik menjelaskan, Jembatan Muara Cipamarangan memiliki panjang 30 meter dengan lebar 3,3 meter.

Pembangunannya menghabiskan dana sebesar Rp 948.689.786 dari dana Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K) Surade tahun anggaran 2020. Kegiatan pembangunan dilaksanakan oleh Pokmas P3K Surade.

Di tempat peresmian jembatan tampak hadir sejumlah pejabat dan tokoh daerah antara lain Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi H. Abdurohim Rochmi alias Haji Batman, Kepala Bappeda, Kasat Pol PP, Sekdis dan Kabid Dinas Perhubungan, Sekdis Kominfo, Camat Surade dan Muspika, para kepala desa, dan Ketua MPC Pemuda Pancasila. (*)

Print Friendly, PDF & Email