Bupati Bangga Tarung Derajat Berkembang di Sukabumi

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan Ketua Kodrat Kabupaten Sukabumi, H. Asep Abdul Wasit di Pendopo Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin 

Kehadiran seni bela diri Tarung Derajat di Kabupaten Sukabumi patut dibanggakan dan diapresiasi oleh masyarakat. Sebab olahraga yang diciptakan oleh Sang Guru Besar Achmad Drajat ini mampu meminimalisir degradasi moral di kalangan generasi bangsa.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dalam sambutan saat menghadiri pelantikan Pengurus Cabang Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kabupaten Sukabumi periode 2020-2024 di Pendopo Sukabumi, Ahad (23/8/2020).

Acara pelatikan pengurus Kodrat Kabupaten Sukabumi itu dihadiri Guru Besar Tarung Derajat, Achmad Drajat atau Aa Boxer.

Pada acara itu H. Asep Abdul Wasit dilantik sebagai Ketua Kodrat Kabupaten Sukabumi. Birokrat senior yang sehari-hari menjabat Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sukabumi itu diresmikan oleh Ketua Umum Pengurus Kodrat Jawa Barat, H. Yerry Yanuar.

“Olahraga Tarung Derajat berkontribusi terhadap pembinaan generasi bangsa. Di  tengah pandemi Covid-19, atlet Tarung Derajat memiliki kekuatan dan kesehatan yang prima. Semua itu tentu saja efek dari latihan rutin oleh para atlet Tarung Derajat,” ujar bupati.

Marwan mengharapkan olahraga Tarung Derajat dapat dijadikan muatan lokal di sekolah-sekolah di Kabupaten Sukabumi. Sampai sekarang, kata dia, baru beberapa kecamatan yang menjadikan Tarung Derajat sebagai muatan lokal di sekolah. Kecamatan Cisaat telah menerapkan olahraga ini sebagai pelajaran ekstrakurikuler sejak 2006. 

“Nanti kita coba untuk terus diterapkan, termasuk anggota Satpol PP agar belajar bela diri Tarung Derajat,” tambahnya.

Pada bagian akhir pidatonya, bupati mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus Cabang Kodrat Kabupaten Sukabumi periode 2020-2024. Dia berharap kepada pengurus yang yang baru bisa meningkatkan prestasi para atlet Tarung Derajat. 

“Semoga pengurus baru bisa mengemban amanah, baik menjaga kinerja organisasi maupun meraih prestasi untuk mengharumkan nama daerah,” kata bupati.

Selain Asep, pengurus lain yang dilantik terdiri dari Eddy Rochedi sebagai Sekretaris Kodarat Kabupaten Sukabumi dan Redi Trisna Sanjaya sebagai bendahara.

Ketua Umum Kodrat Provinsi Jabar H. Yerry Yanuar menginstruksikan pengurus Kodrat Kabupaten Sukabumi untuk membuat event Kodrat dalam rangka mencetak atlet terbaik dan berprestasi. 

“Kita akan menghadapi PON dan event lainnya. Karena itu kita harus terus mencetak atlet tebaik dan beprestasi. Selain itu, perbanyak satuan latihan untuk melatih dan meningatkan prestasi para atlet,” kata Yerry.

Sementara itu H. Asep Abdul Wasit mengatakan, pengurus yang dipimpinnya akan mengembangkan Kodrat di berbagai komunitas. Salah satu program kerja prioritasnya adalah mengenalkan Kodrat di lingkungan pelajar, ASN, dan masyarakat umum.

“Kami juga akan memformulasikan rencana kerja empat tahun ke depan dengan target prestasi yang lebih baik,” paparnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email