UPTD Dukcapil-SMKN Surade Selenggarakan Perekaman KTP Siswa

oleh -
Para siswa SMKN Surade berbaris dalam antrean untuk mengikuti perekaman data KTP.

Wartawan Dicky Sopyan (SURADE)

UPTD (Unit Pelaksana Tekinis Dinas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ducapil) Wilayah Surade, Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan SMKN Surade menyelenggarakan perekaman data bagi para siswa yang telah berumur 17 tahun. Pada kegiatan itu, para petugas UPTD Disdukcapil berhasi merekam data 150 siswa yang telah masuk umur KTP.

banner 970x90

Kegiatan perekaman data diselenggarakan di Laboratorium Komputer SMKN Surade pada Jumat (23/8/2019). Dalam antrean yang tertib, para siswa menjalani perekaman data yang meliputi antara lain foto, sidik jari, dan kornea mata. Setelah perekaman, mereka diberi surat keterangan pengganti KTP. 

“Para siswa yang direkam datanya untuk KTP telah berumur 17 tahun. Jadi mereka berhak memiliki KTP,” kata Kasubbag UPTD Dukcapil Wilayah Surade, Endang kepada wartawan setelah mengikuti perekaman data para siswa.

Selama ini, ujar Endang, jajarannya telah melakukan perekaman terhadap sekitar 700 pelajar dari berbagai sekolah yang ada di wilayah kerja UPTD Dukcapil Surade yang meliputi wilayah-wilayah antara lain Cibitung, Surade, Ciracap, dan Tegalbuleud.

Selain SMKN Surade, sekolah yang siswanya telah direkam antara lain MAN 3 Sukabumi yang berkedudukan di Surade, SMAN 1 Surade, SMK Bina Bangsa, dan SMK Nusa Putra.

“Sebagian dari siswa yang telah direkam datanya itu telah dicetak KTP-nya,” jelas dia.

Sementara itu guru mata pelajaran fisika di SMKN Surade, Dede Ahmad Hadi menjelaskan, para siswa yang mengikuti perekaman sebagian besar sudah duduk di kelas XII yang berasal dari program studi multimedia, teknik kendaraan ringan, agribisnis pengolahan hasil pertanian, dan nautika kapal penangkap ikan.

Salah seorang siswa kelas XII Multimedia, Seni mengaku bangga dapat mengikuti perekaman data untuk KTP. Sebab tidak lama lagi remaja yang tinggal di Kampung  Cicariu RT 08 RW 03, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini akan memiliki KTP. (*)

Print Friendly, PDF & Email