SMK Langlang Buana Adakan Training Kurtilas untuk Guru

oleh -
Suasana house in training (IHT) di SMK Langlang Buana Sukabumi yang diikuti para guru di sekolah tersebut.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

SMK Langlang Buana Sukabumi (LBS) menggelar pelatihan berbentuk in house training (IHT) untuk para guru di aula sekolah tersebut, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Sabtu (24/8/2019). Pada pelatihan ini, para guru mendapatkan materi seputar Kurikulum 2013 (Kurtilas) dan aspek-aspek untuk peningkatan kualitas tenaga pengajar di sekolah tersebut.

banner 970x90

Tampil sebagai narasumber pada IHT itu,  Endang Herdianto, S.Pd.I yang sehari-hari menjabat Wakil Kepala SMK Lodaya Cibadak Bidang Kesiswaan yang juga Wakil Kepala SMK LBS Bidang Kurikulum. Jumlah peserta pelatihan khusus tersebut 12 orang yang semuanya aktif sebagai tenaga pendidik di SMK LBS.

“Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka menuju implementasi Kurikulum 2013 di sekolah kami. Dari pelatihan ini kami harapkan tenaga pendidik yang mengajar di sekolah kami bisa lebih siap lagi menerapkan kurikulum terbaru yang ditetapkan pemerintah,” kata Ustadz Endin, S.Pd. selaku Ketua Yayasan Cahya Ning Galih yang menaungi SMK LBS ketika ditemui di lokasi IHT.

Yayasan yang dipimpinnya, ujar Endin, tidak henti-hentinya memberikan bekal keterampilan dan kemampuan kepada para tenaga pendidik agar mereka dapat memenuhi target kurikulum dan ketentuan yang diberlakukan pemerintah. Para guru tidak boleh ketinggalan perkembangan menyangkut kebijakan pemerintah maupun teknologi terbaru dalam kegiatan belajar mengajar. 

Ketua Yayasan Cahya Ning Galih, Ustadz Endin, S.Pd. menyampaikan arahan kepada para guru SMK Langlang Buana yang mengikuti IHT.

“Kami mengadakan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu dan kemampuan para guru. Kami harapkan dari pelatihan ini, para guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berprestasi,” kata dia.

Setelah mengikuti IHT, lanjut Endin, para guru harus menjadi bagian yang paling penting dalam upaya mweujudkan visi SMK LBS yaitu menjadi SMK unggulan yang menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, berbudi pekerti,  terampil,  cerdas,  dan peduli.

“Salah satu cara untuk mencapai visi tersebut, para guru mengimplementasikan hasil dari IHT di dalam kelas. Peran serta para guru dalam mewujudkan visi sekolah kami dapat memberikan dukungan kepada program pemerintah dalam mencetak SDM yang unggul,” tutur Endin. (*)

Print Friendly, PDF & Email