Polda Jabar Bersama APRI Bagikan Beras kepada Warga di Tiga Kecamatan

oleh -
Pembagian sembako kepada warga yang tinggal di sekitar area pertambangan rakyat di tiga kecamatan.

Wartawan M. Ridwan

Jajaran Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Jabar bersama jajaran DPC APRI (Asosiasi Pertambangan Rakyat Indonesia) Kabupaten Sukabumi menggelar aksi sosial berupa pembagian paket beras kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan pertambangan rakyat.

banner 970x90

Pembagian beras tersebut difokuskan di tiga wilayah kecamatan yang sebagian masyarakatnya bersentuhan dengan kegiatan pertambangan rakyat. Rincian wilayah pembagian beserta kuantitas bantuan yang diberikan terdiri atas Kecamatan Simpenan 200 paket serta Kecamatan Waluran dan Kecamatan Lengkong masing-masing 150 paket.

Pembagian sembako dipimpin langsung oleh Ketua DPC APRI Kabupaten Sukabumi, Cecep Taryana, Kamis (23/7/2020). Saat ditemui di kediamannya di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Cecep menyampaikan terima kasih kepada jajaran Ditintelkam Polda Jabar yang telah membantu pembagian beras kepada warga yang tinggal di sekitar area pertambangan rakyat.

“Kami selalu mengimbau para pengusaha pertambangan rakyat untuk terus berbagi rezeki kepada masyarakat di sekitar pertambangan,” kata Cecep.

Sementara Ketua KPS (Komunitas Penambang Sukabumi) Dede ‘Oding’ Kusdinar menjelaskan, selama ini kiprah para penambang dalam mensejahterakan masyarakat cukup penting. Selain dapat berbagi dengan masyarakat, kata Oding, kehadiran para penambang juga turut membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Jumlah penambang rakyat, khususnya emas di berbagai lokasi mencapai sekitar 25 ribu orang. Para penambang membutuhkan makanan, minuman, atau rokok setiap kali berada di areal pertambangan. Mereka membelinya dari warung-warung milik masyarakat,” kata Oding.

Hal senada disampaikan Ketua Paguyuban Pengelolaan Pertambangan Rakyat Sukabumi (P3RS) Agus. Menurut Agus, kehadiran para penambang dan pengusaha pertambangan rakyat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sejak hadirnya para penambang rakyat, ujar Agus, masyarakat dapat merasakan perubahan ke arah yang lebih baik dalam hal kesejahteraan.

Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kecamatan Simpenan, Acoy Loji menyampaikan terima kasih kepada Ditintelkam Polda Jabar dan DPC APRI Kabupaten Sukabumi telah memberikan sembako kepada masyarakat di sekitar pertambangan rakyat.

“Kepedulian sosial pengusaha pertambangan rakyat kepada masyarakat ikut membantu upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat sekitar,” ujar Acoy. (*)

Print Friendly, PDF & Email