Peduli Kesehatan Balita, Pemdes Cibodas Rehab Posyandu Melati

oleh -
Kegiatan renovasi Posyandu Melati di Kampung Pakuwon, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi mendapat kunjungan monitoring dari Babinsa setempat.

Wartawan Joko Samudro  

Kepedulian Pemdes Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi terhadap kesehatan balita, ibu hamil, dan ibu menyusui diwujudkan dengan merehab bangunan Posyandi Melati yang terletak di Kampung Pakuwon RT 09 RW 02. Dengan renovasi bangunan posyandu itu, Pemdes Cibodas berupaya untuk mewujudkan salah satu program kerjanya.

banner 970x90

“Pembangunan posyandu di Kampung Pukuwon bertujuan untuk menunjang upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.  Posyandu ini digunakan secara rutin untuk pemeriksaan kesehatan balita termasuk bayi, ibu hamil, dan ibu menyusui. Jadi perannya cukup penting,” kata Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman ketika ditemui awak media di ruang kerjanya, Jumat (24/7/2020).

Rehabilitasi Posyandu Melati dibiayai oleh Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 dengan anggaran sebesar Rp29.755.000. Menurut Ujang, dalam beberapa hari ke depan, proyek rehabilitasi tersebut dapat diselesaikan sehingga dapat segera digunakan oleh masyarakat.

“Dengan hadirnya bangunan posyandu yang telah direvovasi, para kader posyandu dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mereka dapat bekerja dengan nyaman dan tekun,” ujar Kades Cibodas.

Salah satu program unggulan Pemdes Cibodas di masa kepemimpinan Ujang sebagai kepala desa adalah upaya meningkatkan kesehatan balita dan ibu. Jadi renovasi Posyandu Melati di Pakuwon itu merupakan perwujudan nyata dari program tersebut.

“Para kader posyandu bisa mencurahkan perhatian dan melaksanakan pengabdiannya di posyandu yang bangunannya telah direnovasi. Mudah-mudahan mereka lebih termotivasi untuk menunjang upaya meningkatkan kesehatan masyarakat di Desa Cibodas,” tutur dia.  

Kades Ujang juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan memberikan kontribusi pada semua program dan kegiatan yang dibiayai oleh DD agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan masyarakat. Dan yang terpenting, kata dia, masyarakat turut memelihara hasil pembangunan dagar dapat dimanfaatkan dalam waktu yang relatif lebih lama.  

Salah seorang warga Kampung Pakuwon, Penti (37 tahun) menyambut proyek rehabilitasi Posyandu Melati di lingkungan tempat tinggalnya itu. Untuk itu Penti menyampaikan terima kasih kepada Pemdes Cibodas, Pemkab Sukabumi, dan Pemerintah Pusat yang telah menyalurkan DD untuk rehabilitasi posyandu tersebut.

“Pembangunan posyandu desa ini sangat membantu kami dalam meningkatkan kegiatan masyarakat, khususnya balita dan bayi,” kata Penti. (*)

Print Friendly, PDF & Email