Poktan Mekarsari 2 Siap Optimalkan Sarana Sumur Dangkal

oleh -
Pengurus dan anggota Poktan Mekarsari 2 bersama Kepala BP3K Ucu dan Babinsa setempat di lokasi proyek pembangunan sumur dangkal dan penampungan air.

Wartawan Dicky Sopyan (SURADE)

Poktan (Kelompok Tani) Mekarsari 2 Desa Tanjung siap mengoptimalkan fungsi sumur dangkal dan bak penampungan yang dibangun dengan dana dari pemerintah. Saat ini, Poktan Mekarsari 2 sedang melaksanakan pembangunan sarana penyediaan air itu yang berlokasi di Kampung Neglasari, Desa Tanjung, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

“Sumur bor yang kami bangun dengan dana dari pemerintah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya para petani yang selalu mengalami kesulitan air di musim kemarau,” kata Ketua Poktan Mekarsari 2, Endang ketika menerima rombongan Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Jampangkulon, Ucu di lokasi proyek sumur dangkal, Selasa (23/7/2019).

Di depan Kepala BP3K yang datang ke proyek bersama PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Fajri dan Babinsa Tanjung, Djunaedi, Endang menyatakan siap memanfaatkan infrastruktur tersebut dengan sebaik-baiknya. Selain itu, pengurus dan anggota Poktan Mekarsari 2 akan merawat sumur dangkal dan bak penampungnya agar dapat memberikan manfaat dalam waktu yang lebih lama.

“Keberadaan sumur bor ini dapat membantu kami dalam penyediaan air di musim kemarau. Kami dapat mengolah lahan pertanian sepanjang tahun. Sumur bor ini menjadi sangat penting karena sawah di tempat kami merupakan sawah tadah hujan,” jelas Endang.

Dengan pasokan air yang mengalir tanpa henti, lanjut dia, para petani dapat mengolah lahan pertanian untuk membudidayakan aneka jenis sayuran dan buah-buahan seperti cabai, secim, bawang merah, mentimun, buncis, jagung, melon, dan semangka. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada UPTD Pertanian Wilayah Jampangkulon atas bantuan dan dukungan pada proyek ini dan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi yang mempercayai kami untuk mendapatkan bantuan pembangunan sumur dangkal,” tuturnya. 

Sampai sekarang, tahapan pembangunan sudah menyelesaikan pengeboran dengan kedalaman 60  meter. Pekerjaan selanjutnya pembuatan bak penampungan dengan volume 5 x 5 meter persegi dengan tinggi 2,5 meter. Infrastruktur ini juga dilengkapi mesin genset berkapasitas 5.000 watt. Dana pembangunan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 dengan anggaran sebesar Rp182.000.000.

Poktan Mekarsari 2 mengelola lahan seluas 30 hektare dengan jumlah penggarap 30 orang.

Saat berkunjung ke lokasi proyek, Kepala BP3K Jampangkulon berpesan kepada Poktan Mekarsari 2 untuk bersungguh-sungguh mengerjakan proyek tersebut. Dia menekankan, hasil pekerjaan harus sesuai spek yang ditetapkan oleh pemerintah. (*)

Print Friendly, PDF & Email