Antisipasi Kekeringan, Desa Kertamukti Membangun Embung

oleh -
Kepala Desa Kertamukti, Dede Kusnadi sangat bersemangat ketika meninjau lokasi pembangunan embung desa yang dibiayai oleh pemerintah pusat.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Desa Kertamukti, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi selalu dilanda kekeringan selama musim kemarau. Selepas musim hujan yang basah, desa ini nyaris kehabisan sumber air sehingga warganya kesulitan memenuhi kebutuhan air untuk pertanian, sanitasi, mandi, dan masak.  

banner 970x90

“Insya Allah, masa-masa sulit kekurangan air di musim kemarau akan berakhir. Tahun ini kami akan membangun embung desa dengan dana dari pemerintah pusat,” kata Kepala Desa Kertamukti, Dede Kusnadi kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).

Pembangunan embung atau cekungan untuk menampung air di Desa Kertamukti dibiayai oleh program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan dana sebesar Rp320 juta. Dana tersebut akan dicairkan pada tahun 2019.

“Bantuan pembangunan embung ini sebagai bentuk dukungan dari Kemendes PDTT untuk penanganan masalah kekeringan yang selalu melanda desa kami,” ujar Dede.

Pembangunan infrastruktur penyediaan sumber air, lanjut dia, selalu menjadi Pemerintah Desa Kertamukti mengingat masalah kekeringan selalu terjadi setiap kali tiba musim kemarau.

“Dengan adanya embung, masyarakat di desa kami bisa melakukan pengolahan lahan pertanian dan kolam untuk bercocok tanam atau membudidayakan ikan. Musim kemarau bukan halangan lagi untuk bertani atau beternak ikan,” tutur dia.

Atas turunnya bantuan melalui APBN tersebut, Kades Dede mewakili masyarakat Desa Kertamukti menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kemendes PDTT. Dia yakin kehadiran embung di desanya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email