Pelaporan Keuangan Berbasis Online Desa Hegarmulya Terkendala Black Spot

oleh -
Aparat Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi harus berkeliling desa untuk mencari sinyal internet.

Wartawan Hamjah

Sistem pelaporan keuangan secara online di Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi terkendala black spot. Di area kantor Desa Hegarmulya tidak ada sinyal seluler yang cukup kuat untuk mengantarkan laporan keuangan lewat internet sehingga aparat desa harus datang ke luar kantor yang titiknya memiliki sinyal internet yang kuat.

banner 970x90

“Untuk dapat mengakses jaringan internet saya harus pergi ke luar kantor. Di lingkungan kantor tidak ada jejak sinyal internet,” kata salah seorang aparat di Desa Hegarmulya, Amin Bunyamin (Abun) kepada wartawan, Rabu (25/6/2020).

Karena sering meninggalkan kantor untuk menguber sinyal, tidak jarang Abun harus meninggalkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan di kantor desa. Akibatnya pelayanan di kantor desa menjadi terganggu.

“Mau tidak mau kadang-kadang saya numpang di emperan warung milik warga untuk akses internet atau ke tempat lain yang ada jaringannya,” ucap Abun.

Minimnya akses internet di Desa Hegarmulya membuat lambatnya pengerjaan laporan. Sehingga memakan waktu untuk input data. Abun pun harus bersabar di depan laptopnya.

Secara bertahap, dia memasukkan data laporan keuangan yang nantinya akan terintegrasi secara online ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi serta ke pemerintah pusat.

Staf Desa yang lain, Iman menambahkan Pemerintah Desa Hegarmulya pernah bekerja sama dengan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang instalasi jaringan internet dengan membangun Tower BTS. Namun kerja sama itu hanya sebatas pengadaan sebagian alatnya saja, sinyal internet tetap nihil.

“Sampai sekarang sekarang pihak perusahaan itu belum merampungkan pekerjaannya,” ujar Iman.

Menghadapi kondisi tersebut, Pemdes Hegarmulya mengajukan permohonan bantuan kepada Pemkab Sukabumi dan kalangan swasta untuk membantu pemasangan tower telekomunikasi di dekat kantor desa tersebut. Tanpa sinyal internet, aparat Desa Hegarmulya sering ketinggalan dalam mengejar target pekerjaan yang sekarang serba online. (*)  

Print Friendly, PDF & Email