Berkah Jides, Poktan Bunisari Bisa Panen Tiga Kali Setahun

oleh -
Peninjauan lokasi pembangunan Jides Kongsi, dari kiri ke kanan Eka Indiastuti (PPL Desa Caringinwetan), Dedi Suhendar (Kades Caringinwetan), H. Suparto (BPP Kecamatan Caringin), dan Rusmawan (BPD Caringinwetan).

Wartawan Usep Mulyana

Kelompok Tani  (Poktan) Bunisari di Desa Caringinwetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi kemungkinan besar bisa menikmati panen padi tiga kali dalam setahun.  Hal itu terjadi berkat adanya jaringan irigasi desa (Jides) di Kampung Kongsi RT 02 RW 01, Desa Caringinwetan.

banner 970x90

“Sekarang sedang dibangun Jides di Kedusunan Kongsi. Insya Allah dengan dibangunnya Jides ini, petani padi yang tergabung dalam Poktan Bunisari bisa panen  tiga kali dalam serahun,” kata Kades Caringinwetan, Dedi Suhendar saat ditemui wartawan di lokasi pembangunan Jides Kampung Kongsi, Rabu (26/6/2020).

Sebelumnya petani padi di Kedusunan Kongsi dalam waktu 364 hari hanya mampu panen sebanyak 2 kali.

“Kehadiran Jides merupakan anugrah yang patut disyukuri. Dengan frekuensi panen lebih banyak, harapan untuk memperoleh hasil yang maksimal bagi petani juga semakin terbuka lebar,” ujar Dedi.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Caringin, H. Suparto mengatakan, Jides Kampung Kongsi merupakan bantuan dari Dinas Pertanian tahun anggaran 2020.

Jides ini memiliki panjang 87 meter dengan anggaran mencapai sekitar Rp93 juta. Diproyeksikan Jides ini dapat mengairi area persawahan seluas 30 hektare.

Nantinya, ujar dia, air pembuangan dari sawah milik warga di Kampung Kongsi dialirkan untuk mengairi sawah-sawah yang berada di luar kedusunan tersebut.

“Jadi bantuan Jides ini manfaatnya bisa dirasakan oleh warga kedusunan lain, bahkan sampai ke desa-desa tetangga,” kata Suparto.

Ketua Poktan Bunisari, H. Saepudin menyambut kehadiran Jides Kongsi. Saluran irigasi tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar karena mayoritas menggantungkan hidup dari sektor pertanian. Sekali panen, anggota Poktan Bunisari bisa menghasilkan 6 ton padi perhektar.

“Dari bantuan ini hal yang terpenting 50 orang anggota Poktan Bunisari harus lebih produktif dan selalu menjaga irigasi ini dengan penuh tanggung jawab,” kata Saepudin. (*)

Print Friendly, PDF & Email