Kadishub Menjamin Terminal Tipe C di Desa Benda Selesai pada 2020

oleh -
Lukman Sudrajat

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat menjamin, pembangunan Terminal Tipe C Benda di Kecamatan Cicurug dapat diselesaikan pada tahun 2020. Dengan adanya jaminan dari Kepala Dishub itu, perdebatan tentang pembangunan Terminal Benda yang selama ini terbengkalai dapat terhenti.  

banner 720x90

“Kami juga akan menyelesaikan persyaratan-persyaratan teknis bangunan Terminal Benda. Terminal ini harus memenuhi persyaratan dan standar sebagai terminal tipe C agar dapat digunakan secara optimal,” kata Lukman seusai rapat dengan Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi di Kantor Bidang Pengelolaan sumber Daya Air, Jalan Palabuan 2 Kota Sukabumi, Senin (24/6/2019).

Agar fungsinya optimal, ujar Lukman,  perlu penyempurnaan yang matang dalam pembangunan Terminal Benda. Salah satu persyaratan yang paling penting adalah tersedianya emplasemen yaitu ruang lapang ke arah belakang terminal. Emplasemen ini fungsinya sangat vital untuk mendukung operasional terminal.

“Sementara ini, emplasemen belum dikerjakan, insya Allah tahun depan diselesaikan,” kata Lukman.

Dalam perencanaan pembangunan terminal, lanjut dia,  harus juga diperhitungkan banyak angkutan umum yang akan keluar masuk yang dikaitkan dengan luas terminal. Tentunya tidak mungkin jika angkutan umum yang keluar masuk mencapai ratusan, sementara luar terminalnya cuma ratusan meterpersegi.

Terminal Benda, lanjut dia, peran fungsinya dalam menunjang mobilitas orang di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor cukup penting. Ketika sudah beroperasi, Terminal Benda merupakan tujuan akhir dari angkutan umum yang datang dari arah utara yaitu Kabupaten Bogor dan dari arah selatan yaitu Kabupaten Sukabumi.

banner 720x90

Untuk mencegah kesimpangsiuran tentang pembangunan Terminal Benda, Dishub Kabupaten Sukabumi akan  melakukan sosialisasi  dengan para korlap komunitas pengemudi angkot dan Organda.

“Alhamdulillah, selama ini Organda banyak membantu kami dalam sosialisasi program dan aturan-aturan yang terkait dengan perhubungan. Untuk sosialiasi penyelesaian pembangunan Terminal Benda pun, kami akan melibatkan Organda,” ujar Lukman. (*)

Print Friendly, PDF & Email