Kades Ciheulang Tonggoh Tidak Menunda Penyerahan Hak Masyarakat

oleh -
Kepala Desa Ciheulang Tonggoh, Endang Junaedi (tengah) saat memimpin kegiatan penyerahan dana bantuan untuk Ketua RT dan Ketua RW.

Wartawan JOKO SAMUDRO

Kepala Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Endang Junaedi tidak pernah menunda-nunda penyerahan dana untuk masyarakat, termasuk Ketua RT dan Ketua RW yang bertugas di desanya. Begitu dana bantuan keuangan itu sudah cair dari APBD, Endang langsung menyerahkannya kepada para Ketua RT dan Ketua RW.

banner 970x90

“Kami tidak akan menahan dana yang merupakan hak masyarakat, termasuk untuk RT dan RW. Prinsipnya  hak masyarakat dan perangkat desa pasti akan langsung diserahkan, tidak ditunda-tunda,” kata Endang pada penyerahan bantuan keuangan untuk para Ketua RT dan Ketua RW dari APBD Kabupaten Sukabumi tahun 2019 bertempat di Aula Balai Desa Ciheulang Tonggoh, Sabtu (23/3/2019).

Dalam penyerahan dana tersebut, kantor desa tidak memotong atau mengurangi satu peser pun. Semua dana bantuan tesebut harus diterima dengan jumlah utuh. Endang menegaskan, haram baginya memakan atau memotong dana yang merupakan hak masyarakat. Dia menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan dan kejujuran dalam pengelolaan dana dari pemerintah, khususnya untuk masyarakat dan perangkat desa.  

Salah seorang Ketua RT yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan, di bawah kepemimpinan Endang, Desa Ciheulang Tonggoh mengalami kemajuan luar biasa. Semua  lapisan masyarakat di Desa Ciheulangtonggoh mendukung program dan kinerja kepala desa yang saat ini menjabat. Karena, ujar dia, Endang mau bekerja keras dan terbuka dalam urusan keuangan kepada masyarakat.

“Dalam pengeloaan anggaran, tidak ada yang ditutup-tutupi. Semuanya transparan dan terbuka. Masyarakat bisa menikmati dan merasakan serta melihat dengan jelas kinerja kepala desa yang sudah membawa kemajuan bagi desa dan masyarakat. Padahal beliau baru satu tahun menjabat,” kata dia.

Dengan dedikasi dan kredibilitasnya, Endang berhasil membuktikan diri sebagai pemimpin yang memiliki kredibilitas dan mumpuni dalam bekerja dan menjalankan tugas. (*)

Print Friendly, PDF & Email