Kades Digital Cijengkol Apresiasi Penyelenggaraan Pilkades Serentak 2019

oleh -
Kades Digital Cijengkol, Haer Suhermansyah.

Wartawan Nanang Setiana

Kepala Desa Digital Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Haer Suhermansyah mengapresiasi penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2019 di wilayah Kabupaten Sukabumi. Khusus di Kecamatan Caringin seperti halnya di sebagian besar kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, Pilkades serentak berjalan dengan aman, tertib, damai, kondusif, dan sukses tanpa ekses.  

“Suksesnya Pilkades 2019 menunjukkan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi benar-benar telah matang. Perhelatan demokrasi pada Minggu tanggal 17 November 2019 itu tidak mengalami hambatan yang berarti,” kata Haer ketika ditemui di kantornya, Jumat (22/11/201).

Desa Cijengkol yang sering disebut desa digital karena telah menerapkan teknologi komunikasi dan informatika dalam sistem pelayanan publiknya tidak termasuk di antara 240 desa yang menyelenggarakan pilkades. Namun demikian, kata Haer, perangkat desa dan warga Desa Cijengkol ikut mendukung suksesnya pilkades di desa-desa tetangga dengan cara menjaga kondusivitas lingkungannya masing-masing.

“Kami mengapresiasi kinerja panitia dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa yang sudah mempersiapkan pelaksanaan Pilkades dengan matang sehingga hasilnya maksimal. Seluruh jajaran mulai kecamatan, desa, BPD, Polri, dan TNI bisa bersinergi dan bekerja sama dengan baik. Masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS,” tutur Haer.

Sebagai bagian dari geliat dan dinamika kehidupan desa, Kades Digital Cijengkol mengharapkan para calon kades terpilih nantinya bisa menjalankan kewajibannya dengan amanah. Kepada calon yang tidak terpilih, Haer mengetuk nurani mereka untuk berlapang dada dan menerima kemenangan calon lain dengan legowo.

“Kami juga mengajak semua pendukung para calon kades untuk tetap menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Siapa pun calon yang terpilih itu merupakan keinginan masyarakat dan telah tercatat di lauhulmahfudz,” ujarnya. (*)  

Print Friendly, PDF & Email