Wabup Harapkan Lulusan Sekoper Cinta Sejahterakan Keluarga

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono bersama para lulusan program Sekoper Cinta yang diwisuda di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Wartawan Usep Mulyana

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono mengharapkan lulusan program Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita) dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang diperolehnya dari program tersebut untuk membangun lingkungan keluarga yang sejahtera. Dengan demikian, para alumni program Sekoper Cinta dapat menjadi bagian dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Pernyataan wabup tersebut diucapkan setelah menghadiri wisuda 2.700 lulusan Sekoper Cinta angkatan I tahun 2019 di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Selasa (22/10/2019).  Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil. Pada wisuda itu, perwakilan Kabupaten Sukabumi, Rani Triyani meraih penghargaan sebagai peserta terbaik III.

“Saya ucapkan selamat atas ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh oleh para lulusan yang dapat digunakan untuk membina keluarga,” ujar wabup.

Dengan ilmu yang dimilikinya, kata dia, para alumni Sekoper Cinta, dapat mengupayakan terwujudnya keluarga yang berkualitas dan berbahagia. Para lulusan juga memiliki keterampilan untuk membina putra-putrinya sehingga mereka menjadi anak-anak yang bermanfaat bagi keluarga, bangsa, dan negara.

Wabup hadir di UPI didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sukabumi, Hj. Aisah. Para lulusan yang diwisuda berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat.  

Program Sekoper Cinta diluncurkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari program tersebut antara lain sebagai upaya pemberdayaan perempuan untuk mewujudkan kesetaraan peran, akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat antara perempuan dan laki-laki di semua bidang.

Dalam sambutannya Gubernur Jabar menyampaikan, program Sekoper Cinta dibutuhkan untuk memastikan terwujudnya pemberdayaan bagi perempuan dalam meningkatkan kualitas hidup di lingkungan keluarga.

“Indonesia diprediksi akan menjadi negara adidaya di dunia dengan syarat kondisi ekonomi dan sosial politik yang kondusif serta generasi mudanya harus produktif dan kompetitif,” ujar Ridwan.

Hal tersebut bisa tercapai bila ibu rumah tangga dapat memastikan anak-anak siap berkompetisi dan meraih cita-cita sebagai pemimpin. Program Sekoper Cinta diluncurkan untuk membekali ibu rumah tangga dalam menjalankan peran tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email