Disnakertrans Kembangkan Kerajinan Bambu Hitam Ciengang

oleh -
Pembukaan pembekalan TKM bambu hitam di Desa Ciengang dihadiri para pejabat dari kiri ke kanan Tatang Bahara (Staf Disnakertrans), Dadang Tapiana (Kasi Perluasan Tenaga Kerja), Hj. Lina Evelin Marlina (Sekdis Nakertrans), dan Yudius Hidayat Bagja (Kades Ciengang).

Wartawan Usep Mulyana

Disnakertrans Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan permesinan kepada TKM (Tenaga Kerja Mandiri) Ciengang, Kecamatan Gegerbitung untuk meningkatkan produksi kerajinan tangan berbahan baku bambu hitam. Pemberian bantuan berupa mesin bubut, mesin potong, dan mesin penghalus bambu itu sebagai bagian dari upaya pengembangan kerajinan bambu hitam di Desa Ciengang. 

Penyerahan alat produksi itu diselenggarakan pada acara pembekalan TKM pengrajin bambu hitam di Aula Desa Ciengang, Selasa (22/10/2019). Ketika meresmikan pembekalan, Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Lina Evelin Marlina mengatakan, hasil produksi sangat ditentukan oleh faktor manusia, skill, dan alat produksi. Dalam kaitan itulah, pihaknya memberikan bantuan alat produksi.

“Meningkatkan produktivitas memerlukan peralatan penunjang dan pendukung yang cukup.  Kalau hanya mengandalkan alat kerja manual dan konvensional, pengrajin akan kesulitan untuk mencapai hasil produksi yang maksimal,” kata dia. 

Dikatakan Lina, penyerahan mesin-mesin tersebut, tidak hanya sebagai pelapis untuk menunjang pekerjaan, tapi juga harus dijadikan tonggak bersejarah untuk mengembangkan usaha kerajinan bambu hitam. Karenanya para pengrajin harus kreatif dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Modal dasar berupa sumber daya manusia dan sumber daya alam yang melimpah harus dimanfaatkan secara efektif dan efisien,” tambahnya.

Setelah penyerahan alat produksi dan pembekalan, lanjut dia, Disnakertrans akan melakukan evaluasi dan pengecekan lapangan untuk memastikan terjadinya proses produksi yang berkelanjutan dan berkembang serta terciptanya usahawan baru. 

Sementara itu, Kepala Desa Ciengang, Yudius Hidayat Bagja menyatakan rasa senang atas bantuan yang diterima TKM Desa Ciengang. Di desanya, kata Yudius, bambu hitam diubah menjadi beragam kerajinan tangan bernilai seni tinggi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Disnakertrans yang telah memberikan bantuan peralatan sekaligus bekal ilmu pengetahuan berkenaan dengan pengembangan usaha para pengrajin bambu hitam,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email