Pemda Dorong Pelestarian Budaya untuk Menjaga Warisan Leluhur

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (tengah) bersama penyanyi senior Ully Sigar Rusady (ketiga dari kiri) pada acara hari jadi pertama Paguyuban ASKAR di Sukaraja.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Pemkab Sukabumi konsisten  memberlakukan kebijakan untuk mendorong pelestarian budaya peninggalan para karuhun di masa lalu. Tujuannya selain untuk menjaga warisan nenek moyang juga untuk melanggengkan nilai-nilai luhur dari kehidupan di masa lampau. Sehingga nilai-nilai tersebut terwariskan kepada generasi masa kini dan masa yang akan datang.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada acara Milangkala Munggaran Paguyuban Ajakan Silaturahmi Kaum Remaja (ASKAR) bertempat di Kampung Jeungjing, Desa Selawangi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Minggu (22/9/2019).

“Kami akan mendorong berbagai kegiatan pelestarian budaya. Karena manfaatnya sangat terasa, selain untuk menjaga warisan leluhur juga mendukung sektor pariwisata,” ujar bupati.

Karena itu pemda, lanjut bupati, akan  memfasilitasi  kegiatan seni budaya seperti pada acara hari jadi ASKAR yang diisi dengan berbagai atraksi dan pentas seni. Kebijakan terbaru terkait hal itu, kata dia, Pemkab Sukabumi akan memfasilitasi pembangunan padepokan seni dan budaya di tiap-tiap wilayah.

“Supaya  generasi muda kita bisa berlatih seni dan belajar budaya di padepokan-padepokan yang resprentatif.  Hal ini sejalan dengan program penguatan budaya supaya lestari dan ditumbuhkembangkan kepada generasi muda,” tuturnya.

Bupati pun mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan dan ngamumulé budaya Sunda sebagai wujud kearifan agar anak cucu tidak kehilangan akar budaya dalam menghadapi kemajuan zaman.

“Kegiatan ASKAR ini sangat releven dengan kebijakan pemda karena di dalamnya terlibat generasi muda. Walaupun baru pertama kali, kegiatan hari jadi ASKAR dapat menjadi bagian dari upaya pewarisan budaya,” kata bupati.

Peringatan hari jadi ASKAR yang pertama itu diawali dengan atraksi seni tradisional lengser dan pencak silat oleh kalangan anggota ASKAR dan padepokan seni bela diri yang lainnya. Kegiatan tersebut mengambil tema Tandang Makalangan Mawa Bagja Sukaraja Mawa Mukti Sukabumi yang artinya kurang lebih tampil ke depan membawa kebahagiaan bagi Sukaraja dan kesejahteraan untuk Sukabumi.

Di tempat ulang tahun tampak hadir Ully Sigar Rusady, penyanyi balada dan kakak kandung artis Paramitha Rusady, selaku Ketua Umum Presidium Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara (MCKN) Pajajaran Provinsi Jawa Barat yang juga Ketum Yayasan Garuda Nusantara. Ully menyatakan, pelestarian budaya khususnya penca silat perlu dilakukan karena merupakan unsur bela negara. (*)

Print Friendly, PDF & Email