Kadistan: Petani Jangan Menjual Gabah ke Luar Sukabumi

oleh -
Penyerahan surat penglepasan HGB dari pihak PT SNN kepada Ketua SPI Kecamatan Caringin Bubun disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, H. Ajat Sudrajat (kedua dari kiri).

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Sukabumi, H. Ajat Sudrajat mengimbau para petani agar tidak menjual gabah ke luar Sukabumi. Sebab persediaan gabah saat ini dofokuskan untuk memenuhi kebutuhan pangan di wilayah Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Imbauan Kadistan itu disampaikan saat menyampaikan pidato pada Hari Tani Nasional ke-59 bersama SPI (Serikat Petani Indonesia) di Kampung Cibodas RT 10 RW 03 Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Senin (23/9/2019).

“Saat ini kita berada di bulan September yang merupakan bulan keempat musim kemarau di Sukabumi. Sebagian besar sawah tidak dapat menghasilkan padi. Karena itu gabah yang ada di Sukabumi jangan dijual ke luar daerah,” kata Ajat.

Sekarang terjadi kenaikan harga untuk sayur-sayuran, terutama cabai-cabaian, lanjut dia. Karena kebutuhan airnya tidak terlalu banyak, sayur-sayuran bisa dijadikan pilihan para petani untuk ditanam pada musim kemarau ini. Bisa juga jenis tanaman lain yang tidak membutuhkan air terlalu banyak seperti palawija.

Pada peringatan Hari Tani itu dilakukan pembagian lahan HGB seluas 100 hektare milik PT Surya Nusa Nadicipta (SNN) kepada para petani yang tergabung di dalam SPI Kecamatan Caringin. Mewakili Pemkab Sukabumi, Ajat menyampaikan selamat kepada para petani yang memperingati Hari Tani ke-59.

“Kami berpesan kepada para petani yang menerima tanah seluas 100 hektare agar dapat memanfaatkan lahan tersebut dengan sebaik-baiknya. Kami tidak mau mendengar lahan tersebut diperjualbelikan,” kata dia.

Ajat juga berpesan kepada para petani dan masyarakat luas untuk menjalankan program-program pembangunan pertanian yang telah dijalankan oleh pemerintah dan masyarakat. Dia mengharapkan program-program tersebut memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan.

Di tempat kegiatan tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara didampingi sejumlah anggota DPRD; Ketua DPD SPI Provinsi Jabar, Tantan Sutandi; Ketua DPC SPI Kabupaten Sukabumi, Rozak Daud; dan General Manager PT Surya Nusa Nadicipta, Zaenal Sakti.

Dari kalangan pemerintahan tampak hadir Kasubid Ideologi Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Andri Gunawan; Kasi Penataan BPN Kabupaten Sukabumi, Iput Parera; dan Camat Caringin Anwari beserta jajaran Muspika. (*)

Print Friendly, PDF & Email