Ulama dan Umaro Desa Talaga ‘Babarengan’ Membangun RTLH

oleh -
Kepala Desa Talaga, Aep Saefullah (tengah, memakai topi) bersama kalangan ulama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda bahu-membahu membangun rumah milik Teh Nyai, istri dari mendiang Udo.

Wartawan Usep Mulyana

Di Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, peran ulama tidak hanya mengurusi persoalan ukhrowi. Mereka juga ikut terjun langsung membantu pembangunan terutama yang terkait dengan penyaluran bantuan untuk kaum dhuafa seperti renovasi Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH).

banner 970x90

“Para ulama dan jajaran perangkat desa di desa kami serta tokoh masyarakat dan kalangan pemuda ikut turun tangan  membangun atau merenovasi rumah milik warga yang memenuhi kriteria tidak layak huni,” kata Kepala Desa Talaga, Aep Saefullah kepada wartawan, Jumat (23/8/2019).

Kerja sama ulama dan berbagai kalangan masyarakat, ujar Aep, diinisiasi oleh Pemdes Talaga. Para ulama tidak sekedar menyampaikan ceramah di atas mimbar tentang pentingnya membatu kaum dhuafa, mereka juga turut menyingsingkan lengan baju di lokasi kegiatan renovasi RTLH.

Salah satu rumah yang dibantu renovasinya oleh kalangan ulama adalah milik almarhum Nanang alias Udo di Kampung Talaga RT 03 RW 01. Rumah yang sekarang ditempati Teh Nyai, istri almarhum itu kondisinya sudah rusak parah dan dalam posisi hampir roboh. Oleh Pemdes Talaga, Teh Nyai ditetapkan sebagai warga yang berhak menerima bantuan renovasio RTLH. 

Dana yang diterima keluarga almarhum Udo besarnya mencapai Rp75, juta yang berasal dari Dana Desa. Padahal, untuk membangun rumah tersebut dibutuhkan dana sebesar Rp25 juta.  

“Insya Allah, swadaya masyarakat akan mampu memenuhi dana yang dibutuhkan. Sekarang tahap pengerjaan rumah almarhum sudah 50 persen. Mudah-mudahan bangunan rumah ini selesai bulan ini,” ungkap Aep. (*)

Print Friendly, PDF & Email