Tiga Rumah di Cipeundeuy Terbakar, Satu Unit Menjadi Abu

oleh -
Kobaran api melumatkan rumah milik Ema Munah di Kampung Cipeundeuy, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Dicky Sopyan

Tiga rumah berbentuk bangunan semi permanen di Kampung Cipeundeuy RT 15 RW 05 Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi dimakan api dalam kebakaran hebat di kampung tersebut. Pada musibah itu, rumah milik Ema Munah (60) tinggal debu dan jelaga, sementara dua rumah milik tetangganya mengalami kerusakan ringan.

banner 970x90

Kebakaran yang menimpa tiga rumah warga itu terjadi pada Rabu (22/7/2020) selepas tengah hari. Berdasarkan informasi yang dihimpun di tempat kejadian, api mulai berkobar di rumah Munah kira-kira pukul 12.15 WIB. Kobaran api tersebut diawali dengan bunyi ledakan yang sangat keras dari arah dapur. Diduga ledakan itu bersumber dari tabung gas.

Mula-mula terlihat titik api di sekitar dapur. Setelah itu nyala api semakin besar dan merembet ke bagian lainnya. Melihat kejadian tersebut, warga sekitar berteriak-teriak sambil menuju lokasi kejadian. Mereka bersama-sama memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Karena angin bertiup cukup kencang, api semakin membesar. Warga makin kesulitan menghadapi kobaran api tersebut. Api pun mulai merembet ke rumah di sebelahnya milik Mang Usur dan Sujiono. Warga panik dan mulai menjauhi sumber api ketika kebakaran semakin berkobar-kobar di bawah tiupan angin kencang.

Sekitar pukul 12.35 WIB dua unit kendaraan pemadam kebakaran dari Pos Jaga Surade dan Jampangkulon tiba di lokasi. Petugas damkar langsung melaksanakan tugasnya untuk memadamkan api. Sekitar satu jam kemudian, petugas damkar berhasil memadamkan api.

Setelah api padam, tampaklah rumah Ema Munah tidak bersisa, sedangkan rumah Usur mengalami kerusakan sekitar 30 persen dengan nilai kerugian sekitar Rp5 juta dan rumah Sujiono mengalami kerusakan sekitar 20 persen dengan kerugian sekitar Rp2 juta.

Untuk rumah Munah yang berukuran 7 x 8 mterpersegi, kerugiannya mencapai Rp60 juta.  

“Dugaan sementara api berasal dari ledakan tabung gas elpiji 3 kilogram yang sedang digunakan untuk memasak. Waktu kejadian pemilik rumah Ibu Munah sedang berada di luar rumah,” kata Kades Cipeundeuy, Bakang Anwar As’adi ketika menjenguk korban kebakaran pada sore harinya. (*)   

Kades Cipeundeuy, Bakang Anwar As’adi ketika menjenguk korban kebakaran.

Print Friendly, PDF & Email