Lulusan Dikmaba Polri 2001 Berbagi Rezeki di Desa Prianganjaya

oleh -
Bakti sosial oleh Komunitas Ershi Polres Sukabumi Kota dengan sasaran santri Pondok Mengaji Bhabinkamtibmas dan warga jompo di Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Nanang Setiana

Sejumlah lulusan Dikmaba (Pendidikan Pertama Bintara) Polri tahun 2001 atau angkatan 20 Sekolah Polisi Negara (SPN) Cisarua Polda Jabar menggelar bakti sosial di Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/7/2020). Mereka berbagi rezeki dengan para santri santriwati Pondok Mengaji Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya dan warga jompo.

banner 970x90

Aksi sosial para alumni SPN yang tergabung di dalam Komunitas Ershi Polres Sukabumi Kota itu dipusatkan di Kampung Kadudatar RT 08 RW 04 Desa Prianganjaya. Bertindak selaku tuan rumah adalah Brigadir Polisi Didi Dwi Purnomo sebagai pendiri dan pengasuh pondok mengaji yang sehari-hari mengemban amanah sebagai Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya.

Di antara anggota Ershi Polres Sukabumi Kota yang hadir di tempat bakti sosial antara lain PS Kanit Binmas Polres Sukabumi Kota, Aiptu Endang Ruyana; Aipda MH Firdaus, dan Brigadir Sevi Arisma, S.H. Hadir pula Babinsa Prianganjaya Serda Didin Hasanudin.

“Komunitas Ershi Polres Sukabumi Kota merupakan lulusan SPN Cisarua Polda Jabar angkatan 20 tahun 2001. Kami mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Komunitas Ershi Polres Sukabumi Kota yang berkunjung ke pondok mengaji di Desa Prianganjaya,” kata Brigadir Didi setelah menerima rombongan Komunitas Ershi.

Bhabinkamtibas Desa Prianganjaya Brigadir Didi Dwi Purnomo menyambut kedatangan keluarga besar Komunitas Ershi Polres Sukabumi Kota Sukabumi dengan suka cita dan ucapan terima kasih. 

Kegiatan baksos dimulai sekira pukul 11.00 WIB. Selain membagikan sembako, Komunitas Ershi juga menyampaikan sosialisasi dan penyuluhan seputar penanganan dan pencegahan Covid-19 menghadapi AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru).

Materi penyuluhan terkait dengan protokol kesehatan yaitu kewajiban mengenakan masker, selalu menjaga jarak, dan  rutin mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir. 

“Adanya bakti sosial ini, warga merasa nyaman dengan kehadiran anggota Polri. Selain itu masyarakat menjadi lebih memahami dan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka menghadapi AKB atau new normal,” ujar Bhabinkamtibmas yang mengasuh 60 santri di pondoknya itu.

Komunitas Ershi memiliki anggota yang menyebar di berbagai satuan Polri. Kata Ershi berasal dari bahasa Tionghoa yang artinya 20, sesuai nomor angkatan lulusan anggotanya dari Dikmaba. Keanggotaan Komunitas Ershi berlaku secara nasional dari semua SPN yang ada di Indonesia.

Lulusan 2001 SPN merupakan angkatan yang unik dan memiliki ciri khas mandiri. Lulusannya cukup banyak sejalan dengan kebijakan pemerintah waktu itu yang sedang gencar meningkatkan kuantitas dan kualitas anggota Polri untuk memenuhi proporsi ideal jumlah polisi dengan jumlah penduduk.

Di Polres Sukabumi Kota, Komunitas Ershi dipimpin oleh Aipda Ridwan Mediana, S.Kom yang merupakan ketua ke-19. Pembinanya Ipda Budi Setiawan, S.H. yang sehari-hari menjabat  Kaur Regindent Salantas Polres Sukabumi Kota. (*)

Print Friendly, PDF & Email