Bupati Siap Bekerja Sama dengan Satgas Saber Pungli

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menerima rombongan Satgas Saber Pungli Jabar yang dipimpin AKBP Budi Satria Wiguna.

Wartawan Nanang Setiana

Pemkab Sukabumi kedatangan tamu istimewa dari Satgas Saber Pungli (Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar) Provinsi Jawa Barat. Tamu dari Bandung itu diterima oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami di Pendopo Sukabumi, Kamis (23/7/2020).

banner 970x90

Pada dialog di ruang rapat Pendopo, AKBP Budi Satria Wiguna yang menjadi pimpinan rombongan mengatakan, Satgas Saber Pungli Jabar akan menjadi Kabupaten Sukabumi sebagai pilot project atau proyek percontohan dalam mewujudkan birokrasi pelayanan publik yang bersih dari pungli.

Rencana tersebut mendapat sambutan dari bupati. Atas rencana Satgas Saber Pungli itu, bupati mengatakan, jajarannya membutuhkan sinergitas dengan berbagai kalangan termasuk Satgas Saber Pungli dalam pemberantasan pungutan liar. Pemkab Sukabumi, ujar dia, selalu mendukung keberadaan dan kiprah Satgas Saber Pungli dan siap memfasilitasi kebutuhan satgas tersebut.

“Kabupaten Sukabumi akan dijadikan pilot project dalam mewujudkan birokrasi yang bebas pungli. Maka dari itu kami perlu dukungan dari pemerintah setempat,” kata AKBP Budi Satria.

Kedatangannya ke Kabupaten Sukabumi, ujar dia, adalah dalam rangka berkoordinasi untuk membahas pemberlakuan proyek percontohan berikorasi bebas pungli di lingkungan Pemkab Sukabumi.

Selain itu, kedatangannya itu untuk meningkatkan kinerja Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Sukabumi dalam mewujudkan Jabar bersih dari pungli.

“Dengan adanya pilot project dan peningkatan kinerja UPP Tim Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, kami yakin pungli dapat dieliminir di daerah ini,” kata AKBP Budi Satria.

Sementara dalam sambutannya Bupati Marwan menyatakan, pihaknya akan meningkatkan kerja sama dengan Satgas Saber Pungli dalam rangka mewujudkan lingkungan birokrasi yang lebih kondusif. 

“Selama ini kami telah berupaya untuk meminimalkan pungli di lingkungan Pemkab Sukabumi. Salah satunya dengan transaksi secara online. Transaksi dilakukan melalui transfer antara rekening bank,” ujar bupati.

Marwan mengharapkan Satgas Saber Pungli makin kuat dan perannya kian meningkat sehingga masyarakat bisa merasakan dampaknya. Masyarakat, ujar dia, sangat merindukan kehadiran birokrasi bebas pungli. (*)

Print Friendly, PDF & Email