Kabupaten Sukabumi Daerah ke-14 yang Tetapkan Kursi Legislatif

oleh -
Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman (keempat dari kiri) pada pembukaan rapat pleno penetapan perolehan kursi DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2019.

Wartawan Usep Mulyana

Kabupaten Sukabumi merupakan daerah ke-14 di Provinsi Jawa Barat yang telah menetapkan perolehan kursi untuk partai politik pada Pemilu 2019. Sebanyak 13 daerah lainnya belum bisa menetapkan kursi di DPRD masing-masing karena terkendala antara lain oleh gugatan peselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Divisi SDM, H. Unang Suryatna pada Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Sukabumi dengan agenda Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilihan Umum 2019 di Hotel Pangrango Sukabumi, Senin (22/7/2019).

“Dengan Kabupaten Sukabumi, di Jawa Barat ada 14 kabupaten dan kota  yang KPU-nya telah menyelenggarakan rapat pleno terbuka penetapan kursi partai politik dan calon terpilih berdasarkan hasil Pemilu 2019,” kata Unang.

Unang juga memuji Kabupaten Sukabumi yang berhasil menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan aman dan lancar. Secara keseluruhan, penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 di Provinsi Jawa Barat tidak menemui kendala dan hambatan yang berarti. Tingkat partisipasi pemilih di Tatar Pasundan mencapai sekitar 80 persen.

Berdasaran hasil Pemilu 2019, kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Sukabumi diraih oleh Partai Gerindra dengan perolehan 9 kursi. Perolehan untuk parpol-parpol lainnya berturut-turut Partai Golkar 7 kursi, PKS 7 kursi, PDI Perjuangan 6, PKB 6, PAN 6, PPP 4, Partai Demokrat 4, dan Partai Nasdem 1 kursi. Jumlah 50 kursi.

Pada rapat pleno tersebut, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi,  Ferry Gustaman menyampaikan apresiasi kepada semua kalangan atas kerja sama yang dijalin dengan KPU. Berkat kerja sama tersebut, penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Sukabumi dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Atas terselenggaranya rapat pleno penetapan perolehan kursi DPRD itu, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan ucapan selamat kepada para calon anggota legislatif terpilih. Dia juga mengucapkan selamat kepada KPU Kabupaten Sukabumi yang telah berhasil menyelesaikan tahapan penetapan kursi DPRD.

“Selamat atas terpilihnya anggota legislatif hasil penetapan KPU. Semoga caleg terpilih nantinya bisa menjalankan amanah dan bisa bersinergi dengan pemda dan masyarakat untuk menjadikan Sukabumi lebih baik,” ujar bupati. (*)

Print Friendly, PDF & Email