UPTD Dukcapil Surade Dipadati Warga Pemohon KTP

oleh -
Warga berdesakan untuk mendapatkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil dari UPTD Dukcapil Wilayah Surade.

Wartawan Dicky Sopyan (Kowasi)

Permintaan warga untuk pembuatan KTP di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wilayah Surade, Kabupaten Sukabumi melonjak tajam. Setiap hari Kantor UPTD Dukcapil Surade di Jalan Raya Cibarehong, Desa Jagamukti , Kecamatan Surade selalu dipenuhi warga.

banner 970x90

“Kantor kami sibuk sekali, setiap hari selalu didatangi warga yang akan mengurus perekaman atau perubahan data dalam  KTP Elektronik,” kata Kepala UPTD Dukcapil Wilayah Surade, Herawati Yohanita, S.E., M.M.  kepada wartawan, Selasa (22/6/2020).

Sebagian dari warga yang datang ke kantornya, ujar Herawati, berkepentingan mengurus KTP untuk persyaratan pencairan bantuan langsung tunai (BLT), bantuan sosial tunai (BST), dan melamar pekerjaan. 

“Meskipun dalam kondisi pandemi Corona seperti sekarang ini, dalam satu hari kami harus melayani  sekitar 200 orang. Ini merupakan lonjakan angka pelayanan yang  cukup signifikan,” kata  Herawati.

Dalam pelayanan tersebut, UPTD Dukcapil Wilayah Surade menerapkan aturan protokol kesehatan. Semua pengunjung sebelum memasuki ruang pelayanan harus mencuci tangan dengan hand sanitizer dan mengenakan masker.

Pemohon KTP dan dokumen kependudukan lainnya juga harus menjaga jarak dan mencegah terbentuknya kerumunan orang.

“Semua Kantor UPTD Dukcapil di seluruh Kabupaten Sukabumi menerapkan prosedur protokol keamanan seperti itu,” tambahnya. 

Menurut Herawati seberapa banyak pun pemohon yang datang, dia dan jajarannya tetap akan memberikan pelayanan dengan baik. (*)

Print Friendly, PDF & Email