Setelah Tertahan Covid-19, Pembangunan Perkantoran Dinas Dilanjutkan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meletakkan batu pertama sebagai tanda melanjutkan pembangunan perkantoran di Palabuhanratu.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Setelah tertunda pelaksanaannya, pembangunan gedung perkantoran perangkat daerah di Palabuhanratu dilanjutkan oleh Pemkab Sukabumi. APBD Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2020 tetap memberikan alokasi untuk melanjutkan pembangunan perkantoran setelah refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika mensosialisasikan kelanjutan pembangunan gedung perkantoran di Palabuhanratu, Senin (22/6/2020). Pada acara itu, bupati melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda kelanjutan pembangunan perkantoran yang dapat menampung 14 perangkat daerah tersebut.   

“Hari ini kita melanjutkan kembali pembangunan lanjutan perkantoran atau sesi kedua. Perjalanan pembangunan perkantoran ini kemarin tertunda dengan adanya Covid-19. Kami selalu mengingatkan anggaran pembangunan perkantoran ini jangan sampai hilang karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19,” kata bupati. 

Dari anggaran yang telah dialokasikan untuk pembangunan perkantoran, ujar Marwan, hampir setengahnya kena refocusing. Karena itu, tahun ini Pemkab Sukabumi akan mendorong dana untuk pembangunan perkantoran tersebut dianggarkan kembali pada 2021.

“Jadi nanti siapa pun bupati terpilih, dia harus bisa merealisasikan proyeksi anggaran untuk pembangunan perkantoran ini seperti yang telah direncanakan. Sebenarnya bupati terpilih tinggal eksekusi karena penganganggarannya akan didorong tahun ini,” jelas dia. 

Jika pembangunan perkantoran ini telah selesai, semua perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi akan berkantor di Palabuhanratu. Pemusatan kantor-kantor perangkat daerah tersebut dapat memberikan efek positif terhadap upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

Di tempat sosialisasi pembangunan lanjutan perkantoran tampak hadir para pejabat daerah antara lain Dandim 0622 Letkol Arm Suyikno, Kepala Kejari Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto Eko Putro, S.H., Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Suwardi mewakili Kapolres Sukabumi, dan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi H. Dedi Chardiman.

Juga hadir perwakilan kontraktor M. Raihan Abdul Patah dari PT Tahta Djaga Internasional,  unsur Muspika Palabuhanratu, tokoh masyarakat,  serta unsur ormas dan OKP setempat.

Dalam penjelasannya, Kepala Dinas Perkim mengatakan, asalnya total anggaran untuk mengerjakan pembangunan perkantora tersebut mencapai Rp74 miliar. Setelah proses refocusing, anggarannya menjadi Rp50 miliar. Dedi mengharapkan rekanan yang dalam hal ini PT Tahta Djaga Internasional dapat menyelesaikan pembangunan dengan tepat kualitas dan tepat waktu. (*)  

Print Friendly, PDF & Email