Pemberlakuan AKB Nunggu Hasil Swab Test Massal

oleh -
Kegiatan swab test massal di Kecamatan Cibeureum sebagai bagian dari persiapan Kota Sukabumi menuju pemberlakuan AKB.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemberlakuan AKB (adaptasi kebiasaan baru) atau new normal di Kota Sukabumi masih menunggu hasil swab test yang dilaksanakan di semua kecamatan. Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Kementerian Kesehatan.

banner 970x90

“Sampai ini hari, AKB masih dalam persiapan. Kita menunggu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti hasil swab test massal,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Swab test massal telah dilaksanakan di beberapa kecamatan antara lain Cikole dan Cibeureum. Sampai dengan Senin kemarin, jumlah peserta swab test telah mencapai  529 orang. Targetnya 1.350 orang se-Kota Sukabumi.

“Sekarang giliran Kecamatan Lembursitu. Nantinya semua kecamatan akan disertakan dalam swab test massal ini,” ujar Wahyu.

Pada swab test massal tersebut, berbagai kelompok masyarakat diikutsertakan di dalamnya. Mereka berasal dari berbagai kalangan antara lain tokoh masyarakat, tokoh agama, aktivis, PNS di kecamatan bersangkutan, ketua RT, ketua RW, dan kader kesehatan.  

“Peserta swab test ini warga dan mereka yang sehari-harinya berkecimpung dalam pelayanan kepada masyarakat,” jelas dia.

Hasil dari swab test ini dikirim secara bertahap ke Labkesda Jawa Barat di Bandung. Dari uji massal tersebut, Gugus Tugas Covid-19 mengharapkan mendapat  gambaran seputar penyebaran Covid-19 secara terkonfirmasi di Kota Sukabumi. Tim medis akan langsung melakukan langkah-langkah berdasarkan hasil dari swab test keseluruhan.

“Jadi tes massal ini juga merupakan bagian dari persiapan menuju AKB,” ujar Wahyu. (*)

Print Friendly, PDF & Email