Manfaatkan Rezeki Nomplok dari PT Star, Pemdes Kalapanunggal Rehab Kantor Desa

oleh -
Tugu selamat datang di batas Desa Kalapanunggal dibangun dengan dana bonus produksi dijadikan salah satu ikon desa yang dapat menumbuhkan kebanggaan bagi masyarakat.

Wartawan Joko Samudro

Pemerintah Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi memanfaatkan dana bonus produksi dari PT. Star Energy Indonesia tahun 2019-2020 untuk merehab bangunan kantor desa dan membangun tugu selamat datang. Besarnya dana bonus produksi tersebut mencapai Rp365 juta.

banner 970x90

Dua kegiatan tersebut dilaksanakan secara  swakelola oleh warga setempat. Menurut Kepala Desa Kalapanunggal, Hendra Suhendra, pembangunan dua prasarana tersebut merupakan bagian dari upaya untuk berbenah diri dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Rehab kantor desa untuk meningkatkan rasa nyaman, baik kepada perangkat desa yang akan memberikan pelayanan maupun kepada masyarakat yang datang untuk menerima pelayanan,” kata Hendra kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Adapun pembangunan tugu selamat datang bertujuan untuk menumbuhkan kebanggaan di tengah masyarakat terhadap ikon desa dan mengenang jasa para pendahulu yang memperjuangkan kemajuan Desa Kalapanunggal.

Kegiatan renovasi kantor desa di Desa Kalapanunggal dilaksanakan dengan melibatkan secara langsung masyarakat sekitar.

Renovasi kantor desa dan pembangunan tugu selamat datang, ujar dia, sudah lama direncanakan dan tercantum pada agenda kegiatan jangka menengah di Desa Kalapanunggal.

“Kami bersama berbagai lembaga desa telah menyepakati pembangunan tugu selamat datang. Adapun rehabilitasi kantor desa dilakukan karena kondisi bangunannya tidak layak pakai serta sudah banyak bagian yang keropos dan rusak. Kalau tidak direhab, bangunan kantor desa tidak enak dipandang,” jelas kades.

Alhamdulillah, lanjut dia, kegiatan renovasi dan pembangunan tugu selamat datang berjalan lancar. Pada kegiatan renovasi, pelaksana mengganti bagian-bagian bangunan yang telah rusak.

“Kami harapkan  dengan perbaikan kantor desa, perangkat desa merasa lebih nyaman ketika menjalankan tugas serta dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat Desa Kalapanunggal maupun luar desa,” tuturnya.

Hendra juga mengajak seluruh perangkat desa dan masyarakat untuk menjaga dan merawat berbagai sarana prasarana yang telah dibangun termasuk kantor desa. Maksudnya agar fasilitas dan infrastruktur yang ada dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu pekerja rehabilitas kantor desa Kalapanunggal yang juga warga setempat,  Ujang Suhendi mengatakan, dirinya merasa senang akan memiliki kantor desa yang bagus. Dia juga mengapresiasi kebijakan desa yang melibatkan warga secara langsung seperti dirinya dalam kegiatan pembangunan tersebut.

“Pada masa kepemimpinan Pak Kades Hendra, kegiatan pembangunan dilaksanakan secara terbuka, tidak ada yang ditutup-tutupi. Semua jenis bantuan sampai kepada yang berhak menerima, tidak pernah ditunda-tunda dalam penyalurannya,” kata Ujang. (*)

Print Friendly, PDF & Email