Desa Jagamukti Bakal Punya Sistem Penyedia Air Minum Berukuran Raksasa

oleh -
Bangunan sarana Pamsimas di Kampung Naringgul, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang masih dalam proses pengerjaan.

Wartawan Dicky Sopyan (Kowasi)

Tidak lama lagi, Desa Jagamukti di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi bakal mempunyai sistem penyediaan air minum dan sanitasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Desa ini mendapat proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari pemerintah pusat.

banner 970x90

Prasarana air minum dan sanitasi tersebut dibangun di Kampung Naringgul RT 07 RW 09 Desa Jagamukti. Saat ini, pembangunan prasarana Pamsimas dengan bangunan utama berupa tempat penampungan air berkapasitas raksasa untuk ukuran desa masih dalam proses.

“Nantinya prasarana ini dapat digunakan untuk warga sekitar sebanyak 70 kepala keluarga. Insya Allah proyek ini akan memberikan manfaat bagi warga di desa kami,” kata Ketua Pelaksana Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Desa Jagamukti, Predi Kustiawan kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Ukuran bak penampung air pada Pamsimas di Desa Jagamukti mencapai 4 x 4 meterpersegi dengan tinggi 6 meter. Predi dan rekan-rekannya akan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikan proyek tersebut agar hasilnya optimal dan sesuai dengan spek.

“Prasarana ini akan dikelola secara gotong royong oleh warga,” tutur Predi.

Total anggaran untuk membangun prasarana tersebut mencapai Rp210 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler bidang sanitasi  dan penyedia air minum tahun anggaran 2020. Leading sector dari proyek tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi.

“Sistem pencairan dananya dibagi ke dalam tiga tahap. Sampai sekarang  pengerjaannya hampir 90 persen,” jelas dia.

Jangka waktu pegerjaannya selama 120 hari kalender. Menurut Predi, selama mengerjakan proyek tersebut, dia dan rekan-rekannya tidak menemui hambatan yang berarti, semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. (*)

Print Friendly, PDF & Email