Pemdes Cijengkol Salurkan Bansos Tunai dari Kemensos

oleh -
Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah (kanan) ikut memonitor pembagian BST dari Kementerian Sosial di desa yang dipimpinnya.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Pemdes Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) dari Kemeterian Sosial (Kemensos) di balai desa setempat, Sabtu (23/5/2020). Pembagian BST tersebut bekerja sama dengan PT Pos Indonesia sebagai penyalur yang ditunjuk pemerintah pusat.

banner 970x90

Dalam penyerahan BST, Pemdes Cijengkol menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Sebelum masuk aula balai desa, warga yang namanya tercantum sebagai penerima BST harus menempuh prosedur pemeriksaan suhu tubuh.

Mereka dipersilakan untuk duduk di kursi yang jaraknya terjaga antara satu dengan yang lainnya. Para petugas  juga sama-sama menerapkan aturan jaga jarak atau physical distancing.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa membantu  PT Pos Indonesia dalam penyaluran BST kepada penerima di desa kami,” kata Kades Cijengkol, Haer Suhermansyah di tengah kesibukan pembagian bantuan.

Jumlah penerima BST Kemesos di Desa Cijengkol mencapai 404 orang. Setiap penerima kebagian BST sebesar Rp600 ribu. Dana sebesar itu harus diterima dalam jumlah utuh oleh penerima bantuan. Rencananya BST akan diberikan untuk tiga bulan.   

“Tentu saja data penerima BST dari Kemensos berbeda dengan data penerima bantuan dari provinsi, kabupaten, dan desa,” ujar Haer.

Pembagian BST tersebut molor sekitar dua jam. Seharusnya berdasarkan jadwal dari kecamatan, kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Namun kenyataannya, pembagian BST dimulai pukul 10.00 WIB.

“Ya, kami kecewa dengan keterlambatan ini. Warga sudah  mengantre sejak pukul setengah tujuh. Mereka menunggu 3 jam lebih,” kata dia.

Haer berharap kepada petugas PT Pos Indonesia agar tidak mengulangi keterlambatan seperti itu pada periode pembagian BST selanjutnya. Dia minta warga yang menerima BST diperlakukan secara manusiawi. Apalagi sekarang jatuhnya H-1 pas sibuk-sibuknya menyambut dan mempersiapkan acara Lebaran.

Dalam mengawal kegiatan ini, lanjut Haer, perangkat desa tidak menerima honor atau upah satu sen pun. Kades dan jajarannya ikhlas membantu penyaluran BST karena yang penting warga penerima dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan.

Di tempat pembagian BST tampak hadir Camat Caringin Anwari dan Babinsa Cijengkol. Pembagian BST di Kecamatan Caringin dilaksanakan secara serentak di 9 desa yang ada di kecamatan ini.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga kami yang tengah menghadapi wabah Covid-19 dan mempersiapkan perayaan Idul Fitri,” ungkap Haer. (*)

Print Friendly, PDF & Email