Perum Damri Siapkan Satu Unit Bus Tambahan untuk Mudik Gratis

oleh -
H.R. Imran Whardhani

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Perusahaan Umum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Perum Damri) Cabang Kota Sukabumi menyiapkan satu bus untuk mendukung armada program mudik gratis tahun 2019 di Kota Sukabumi. Kendaraan yang diserahkan BUMN penyedia jasa angkutan darat tersebut merupakan bus tambahan untuk mendukung 16 unit bus yang telah siap melayani mudik gratis.

“Kami telah menerima satu unit bus dari Perum Damri untuk mendukung program mudik gratis dalam rangka Idul Fitri 1440 Hijriyah,” kata Kepala Bidang LLA (Lalu Lintas dan Angkutan) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, H.R. Imran Whardhani kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).

Nantinya, ujar Imran, bus dari Perumda Damri itu diperuntukkan bagi calon peserta mudik gratis yang masuk daftar tunggu. Kapasitas bus tersebut 40 tempat duduk dan diplot untuk melayani relasi Sukabumi-Purwokerto. Prioritasnya untuk pemudik yang sudah masuk daftar tunggu.

“Sejak pendaftaran ditutup karena jatah mudik gratis telah habis, jumlah calon pemudik yang masuk daftar tunggu mencapai 142 orang. Sebanyak 40 orang akan diakomodir oleh bus dari Perum Damri tersebut. Jadi masih ada 102 calon pemudik yang masih berada dalam daftar tunggu,” jelas Imran.

Dijelaskannya pula, hingga saat ini Dishub Kota Sukabumi masih terus mengupayakan untuk mendapatkan tambahan bus mudik gratis tahun 2019 untuk mengakomodir semua calon penumpang yang masuk dalam daftar tunggu. Harapan Dishub, seluruh calon penumpang yang sudah mendaftar dapat terakomodir serta dapat dilayani dengan baik.

Pemberangkatan armada mudik gratis akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2019 atau H-4 di halaman Kantor Dishub, Jalan Arif Rahman Hakim Kota Sukabumi. Program mudik gratis tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya melayani tujuan Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Bus yang jumlah 16 untuk melayani mudik gratis berasal dari Dishub Provinsi Jawa Barat sebanyak 15 unit dan Dishub Kota Sukabumi 1 unit. Ketika pendaftaran untuk program mudik gratis itu dibuka pada akhir Maret 2019 lalu, hanya dalam waktu empat hari, jatah tempat duduk yang disediakan panitia habis oleh calon pemudik. (*)

Print Friendly, PDF & Email