Melanglang Nusantara Berbekal Keterampilan Menjahit

oleh -
Sejak muda, Dede Sulaeman menekuni dunia jahit-menjahit dan sekarang bekerja di salah satu UKM di Cimahi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Perjuangan tanpa lelah ditunjukkan Dede Sulaeman (45) warga Kampung Sukamantri RT 04 RW 02 Desa Sukamantri, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Selama 25 tahun dia bekerja sebagai penjahit secara tidak menetap. Keahlian menjahit yang dia miliki diperoleh secara autodidak. Dede sudah merantau ke Papua ketika masih bernama Irian Jaya pada umur 20 tahun.

banner 970x90

“Sejak remaja saya digembleng orang tua untuk hidup mandiri. Saya merantau ke Papua karena ada peluang kerja di sana. Sebagai penjahit, berangkatlah saya ke sana sekalian mencari pengalaman. Apalagi saat itu, saya sudah punya seorang anak,” kata Dede ketika ditemui di tempat kerjanya di Cimahi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/4/2019).

Tradisi yang berlaku di lingkungan keluarganya mengharuskan Dede sebagai anak laki-laki untuk berani keluar rumah atau merantau. “Saat itu, kondisi ekonomi keluarga sedang morat-marit. Menunggu keajaiban itu bukan tradisi keluarga kami. Kami harus bekerja keras. Makanya saya berani merantau jauh ke luar pulau,” tuturnya.

Dia bekerja di Papua selama 5 tahun. Setelah itu Dede melanglang Pulau Kalimantan. Dia berkeliling ke berbagai tempat dan kota seperti Bontang, Balikpapan, Sanggauledo, Bengkayang, Tarakan, dan Nunukan yang berbatasan dengan Malaysia.  

Setelah lelah merantau ke luar Jawa, terakhir dia menjejakkan kakinya di Jakarta. “Di Betawi saya hanya kuat satu tahun. Selebihnya, menghabiskan waktu di tanah kelahiran saya di Sukabumi,” ungkapnya.

Sekarang Dede bekerja pada usaha jahit-menjahit di salah satu pelaku UKM di Cimahi bernama Nuraeni. Dia optimis di tempat kerja barunya, dia bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

“Insya Allah, dengan bekerja pada Ibu Nuraeni, saya ikut menggerakkan sektor UKM khususnya dalam bidang usaha butik dan taylor. Jika dibanding-bandingkan, iklim usaha di Sukabumi jauh lebih menjanjikan dibandingkan daerah lain,” kata Dede. (*)

Print Friendly, PDF & Email